Diduga Rem Blong, Minibus Rombongan Wisata Kecelakaan di Jalur Dieng

Diduga Rem Blong, Minibus Rombongan Wisata Kecelakaan di Jalur Dieng

Evakuasi minibus Elf yang mengalami rem blong terjun bebas ke ladang warga di jalur wisata Dieng, Minggu (26/5/2024).-PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Diduga akibat mengalami gangguan pada rem, sebuah minibus Elf yang membawa rombongan asal Jakarta hilang kendali dan terjun ke ladang milik warga, Minggu (26/5/2024) sekitar pukul 10.00 WIB. 

Minibus Elf dengan nopol B-7320 CAA yang dikemudikan oleh Agus Salim, saat berjalan dari arah selatan atau dari arah Dieng saat di turunan tajam di jalan raya turut bukit barisan Condong Campur Desa Bakal, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara mengalami gangguan rem. Mobil terguling-guling di area pertanian warga.

Akibatnya, tujuh orang mengalami luka berat dan harus dilarikan ke RSUD Wonosobo.

Ketua Forum Relawan Destana Banjarnegara, Wanidi mengatakan, minibus membawa rombongan wisatawan dari Dieng yang hendak pulang ke Jakarta melalui Jalur Batur. 

BACA JUGA:Tunggu Hasil Labfor Polda, Pemkab Banjarnegara Persiapkan Pasar Darurat Usai Kebakaran Pasar Karangkobar

BACA JUGA:Tri Harso Widirahmanto Selesai Menjabat Pj Bupati Banjarnegara, Sekda Indarto Jadi Plh Bupati

"Tadi sekitar jam 10.00 WIB ada kecelakaan tunggal, yakni kendaraan yang membawa rombongan wisata dari Jakarta terguling," ujar Wanidi memberi keterangan, Minggu (26/5/2024).

Akibat dari kejadian ini, belasan orang mengalami luka-luka dan tujuh orang mengalami luka berat.

Ketujuh korban tersebut langsung dilarikan ke RSUD Wonosobo untuk penanganan medis lebih lanjut. Sementara korban luka ringan dirawat di Puskesmas Batur.

"Untuk yang mengalami luka ringan dibawa ke Puskesmas Batur. Untuk penumpang ada 19 orang, 20 sama sopir," sebutnya.

Perihal penyebab kecelakaan tunggal ini, diduga akibat rem blong. Saat kendaraan melaju di arah turunan yang menikung, kendaraan tersebut terguling ke kebun kentang. "Untuk penyebabnya, diduga karena rem blong," tambahnya.

Sementara itu sopir minibus, Agus Salim mengalami luka sayatan di bagian pipi mendapat 5 jahitan dan memar di sekujur tubuh.

Saat diwawancarai, dirinya juga mengaku mengalami rem blong. "Jadi mulai jalan menurun pakai gigi dua, pelan, namun begitu mendekati tikungan rem sudah keras," ujarnya.

Dirinya yang mengaku sudah lama tidak ke Dieng mengatakan, sebelumnya sudah melakukan pengecekan. "Sebelum berangkat sudah dicek, tapi mungkin oli remnya kurang, entah bocor," tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: