81 Panwascam se-Kabupaten Banyumas Dilantik, Ketua Bawaslu Tekankan Profesionalitas

81 Panwascam se-Kabupaten Banyumas Dilantik, Ketua Bawaslu Tekankan Profesionalitas

Ketua Bawaslu Banyumas saat melantik Panwascam untuk Pilkada 2024 se Kabupaten Banyumas, Jumat (24/5/2024)-AHMAD ERWIN/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 81 Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada serentak 2024 di Banyumas resmi dilantik, Jumat (24/5/2024).

Pelantikan dipimpin langsung Ketua Bawaslu Banyumas, Imam Arif Setiadi. Dan setelahnya langsung diberikan pembekalan perdana dari dari masing-masing komisioner. Seperti Amin Latif, Rani Zuhriyah, Agung Basuki dan Yon Daryono sesuai dengan divisi mereka. 

"Selamat kepada 81 panwascam terlantik. Selamat bergabung di keluarga besar Bawaslu Banyumas. Saya tegaskan, saatnya Panwascam serius melakukan pengawasan tahapan pilkada 2024. Pokoknya, panwas gas pol, rem blong!" kata Imam Arif. 

BACA JUGA:Peluang Persaingan Paman dan Keponakan dalam Pilkada Purbalingga 2024 Terbuka

Panwascam yang baru dilantik tersebut juga diminta untuk bekerja serius dalam mengawasi setiap tahapan pemilihan.

"Pilkada ini aturan main, keputusan nantinya siapa jadi bupati wakil bupati ada di KPU Banyumas. Anggaran dipakai dari APBD Banyumas. Termasuk pengawasan mutlak ada di Bawaslu Banyumas. Makanya, sangat berbeda dengan pilpres dimana keputusan tertinggi ada di KPU RI atau Bawaslu RI," jelasnya.

Imam juga menekankan agar panwas bekerja dengan prinsip Profesional, Integritas dan Solid (PIS).

BACA JUGA:Baru Dilantik, 54 Anggota Panwascam Pilkada Serentak Diminta Segera Pelajari dah Pahami Regulasi

"Harus kuasai regulasi, serta melakukan pengawalan ketat. Bawaslu, akan memberi backup pasang badan jika panwascam sudah bekerja sesuai aturan," ujarnya. 

Sementara itu, Amin Latif Kordiv SDM Bawaslu Banyumas menjelaskan, usai pelantikan, para Panwascam langsung diberikan pembekalan perdana. 

"Untuk pembekalan perdana, Panwascam mendapat materi dari Prof Oedjiono dan Ridwan. Dilakukan juga pleno perdana pimpinan panwascam se Banyumas. Sehingga sudah ditentukan siapa ketua, Kordiv PPPS dan HPPH masing-masing kecamatan," kata Amin. 

BACA JUGA:Tips Aman Berkendara Melewati Persimpangan Ala Honda Istimewa

Dan untuk ke depan usai pelantikan dan pembekalan. Menurutnya, Panwascam langsung dihadapkan pada tugas wawancara seleksi pengawas pemilu kelurahan/desa (PKD).

"Adapun total PKD sekitar 331 se Banyumas. Pendaftaran dan penyerahan berkas dilakukan di Sekretariat Bawaslu Jalan Ahmad Yani. Selanjutnya seleksi dan penetapan jadi tanggungjawab Panwascam masing-masing," pungkasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: