YUK KENALI! 7 Keunggulan Ban Tubeless Dibandingkan Ban Biasa pada Motor Matic

YUK KENALI! 7 Keunggulan Ban Tubeless Dibandingkan Ban Biasa pada Motor Matic

YUK KENALI! 7 Keunggulan Ban Tubeless Dibandingkan Ban Biasa pada Motor Matic-ban-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Keunggulan ban tubeless dibandingkan ban biasa pada motor matic, membuatnya pilihan yang tepat bagi pengendara yang menginginkan performa dan keamanan yang optimal.

ban tubeless semakin menjadi primadona di kalangan pengguna motor matic. Hal ini tidak mengherankan, karena ban tubeless menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan ban biasa.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk beralih ke ban tubeles yuk kita simak dulu, keunggulan ban tubeless dibandingkan ban biasa pada motor matic:

1. Tahan Bocor Lebih Lama

Salah satu keunggulan utama ban tubeless, adalah kemampuannya menahan kebocoran lebih lama dibandingkan ban biasa. Ban tubeless memiliki lapisan sealant di bagian dalam ban.

BACA JUGA:Lebih Mudah Mengendarai Motor Matic atau Motor Manual ? Ini Perbandingannya

BACA JUGA:10 Trik Modifikasi Motor Matic untuk Tampil Lebih Keren

Lapisan ini berfungsi menutup lubang kecil, akibat tusukan benda tajam seperti paku atau kawat. Ban tubeless mampu menahan tusukan benda tajam hingga diameter 5 mm.  

Jika tertusuk benda tajam, lapisan sealant akan segera menutup lubang tersebut. Sehingga ban tidak langsung kehilangan tekanan angin secara drastis.

Ini tentunya berbeda dengan ban biasa. Ketika ban dalam tertusuk benda tajam, ban akan langsung kehilangan angin secara cepat.

Akibatnya pengendara motor matic bisa mengalami kondisi ban kempes secara tiba-tiba, yang dapat membahayakan keselamatan.

2. Performa Stabil di Kecepatan Tinggi

Ban tubeless memiliki konstruksi yang lebih kokoh dibandingkan ban biasa. Hal ini dikarenakan tidak adanya ban dalam yang terbuat dari karet, yang lebih tipis dan lentur.

BACA JUGA:6 Cara Mencegah Terjadinya Loss Compression Pada Motor Matic

BACA JUGA:5 Penyebab Utama Loss Compression Pada Motor Matic

Konstruksi yang kokoh pada ban tubeless membuat dinding ban lebih kuat, dan tidak mudah mengalami deformasi saat motor matic melaju kencang.

Dengan dinding ban yang kuat ban tubeless mampu menjaga bentuknya secara optimal, sehingga menjaga kestabilan motor matic di kecepatan tinggi.

Pengendara pun akan merasa lebih percaya diri dan nyaman, saat harus memacu motor matic di jalan tol atau jalanan yang lengang.

3. Handling Lebih Baik

Selain performa yang stabil di kecepatan tinggi, ban tubeless juga menawarkan handling yang lebih baik dibandingkan ban biasa. Hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu:

a. Tekanan angin yang lebih terjaga

Ban tubeless memiliki sistem katup yang lebih rapat dibandingkan ban biasa. Sistem katup yang rapat ini membuat tekanan angin pada ban tubeless lebih terjaga dan stabil.

BACA JUGA:Perhatikan Nih! Cara Mengunci Stang Motor Matic yang Anti Maling

BACA JUGA:Spesifikasi Lengkap Motor Matic Aprilia SR-GT 200 yang Harus Diketahui Sebelum Membeli

Tekanan angin yang stabil sangat penting untuk menjaga handling motor matic, terutama saat posisi menikung.

b. Area kontak dengan jalan yang lebih luas

Secara umum, ban tubeless memiliki desain telapak yang lebih lebar dibandingkan ban biasa. Lebar telapak ban yang lebih luas ini, membuat ban tubeless memiliki area kontak dengan jalan yang lebih besar.  

Semakin besar area kontak ban dengan jalan, maka cengkeraman ban pun akan semakin baik. Dengan cengkeraman yang baik motor matic akan lebih mudah dikendalikan saat menikung, sehingga pengendara dapat bermanuver dengan lebih lincah dan aman.

4. Pengereman Lebih Optimal

Sistem pengereman, merupakan salah satu komponen penting yang menjamin keselamatan berkendara. Ban tubeless memiliki peranan penting dalam mengoptimalkan kinerja sistem pengereman pada motor matic.

BACA JUGA:7 Motor Matic 2 Tak Legendaris yang Mungkin Belum Anda Ketahui

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Matic Yamaha Grand Filano

Seperti halnya yang sudah disebutkan tadi, ban tubeless mempunyai area kontak dengan jalan yang lebih luas dibandingkan ban biasa. Area kontak yang luas ini tidak hanya meningkatkan cengkeraman ban saat menikung, tetapi juga berperan dalam meningkatkan daya cengkeram ban saat melakukan pengereman.

Dengan daya cengkeram yang baik, ban tubeless mampu menghentikan laju motor matic dengan lebih optimal. Akibatnya, jarak pengereman pun menjadi lebih pendek.  

Jarak pengereman yang pendek ini, tentunya sangat penting untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan lain di depan. Sehingga mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

5. Hemat Biaya Perawatan

Penggunaan ban tubeless, dapat membantu Anda menghemat biaya perawatan motor matic. Mengapa demikian? Ban tubeless memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya jarang mengalami kebocoran.

BACA JUGA:5 Alasan Mengapa Motor Matic Lebih Diminati Daripada Motor Bebek

BACA JUGA:Aki Motor Matic Habis, Lebih Baik Isi Ulang atau Diganti?

Lapisan sealant pada ban tubeless, dapat menutup sendiri lubang kecil akibat tusukan benda tajam.

Hal ini tentunya mengurangi frekuensi Anda mengunjungi bengkel, untuk menambal ban. Selain itu, ban tubeless juga tidak memerlukan perawatan khusus seperti halnya ban biasa.

6. Memperpanjang Usia Ban

Ban tubeless memiliki tingkat keausan yang lebih merata, dibandingkan ban biasa. Hal ini dikarenakan konstruksi ban tubeless yang lebih kokoh, dan tekanan angin yang lebih terjaga.

Tekanan angin yang stabil, membuat ban tubeless mengalami keausan yang merata di seluruh permukaan ban. Pada ban biasa, keausan ban seringkali tidak merata.

BACA JUGA:Pehatikan! 7 Tips Penting Mengisi Ulang Aki Motor Matic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: