Kenali Ciri-Ciri Oli Gardan yang Sudah Habis Pada Motor Matic

Kenali Ciri-Ciri Oli Gardan yang Sudah Habis Pada Motor Matic

Kenali Ciri-Ciri Oli Gardan yang Sudah Habis Pada Motor Matic-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Apakah kamu pengguna setia motor matic? Jika iya, jangan sampai terlewat untuk mengganti oli gardan. Anda wajib mengenali ciri-ciri oli gardan habis pada motor matic.

Kita perlu tahu bahwa setiap motor matic bisa memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Namun, secara umum, penggantian oli gardan dilakukan setiap satu tahun sekali atau setiap mencapai jarak 10.000 hingga 20.000 kilometer.

Tetapi, ada beberapa faktor lain yang juga turut memengaruhi frekuensi penggantian oli gardan. Pertama adalah lingkungan tempat berkendara. Jika motor sering melintasi jalanan ekstrem seperti berlumpur, rusak, atau cuaca ekstrem, maka penggantian oli gardan perlu dilakukan lebih sering.

Faktor berikutnya adalah beban yang dibawa saat berkendara. Jika sering membawa barang berat, otomatis beban pada oli gardan juga bertambah. Sehingga, perlu lebih sering melakukan penggantian oli gardan agar motor tetap terlindungi dan berkinerja baik.

Yang tak kalah penting adalah mengacu pada panduan dari produsen motor matic. Di dalam buku panduan tersebut, biasanya terdapat rekomendasi waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan sesuai dengan kondisi dan pemakaian motor. 

Ciri-Ciri Oli Gardan yang Sudah Habis Pada Motor Matic

1. Suara Bising

Ciri pertama yang bisa kamu perhatikan adalah munculnya suara bising dari arah box CVT, yang terletak di gardan atau roda belakang motor matic. Suara tersebut bisa berupa berdecit, berderit, bahkan sampai terdengar suara "kletek-kletek" saat motor dikendarai.

BACA JUGA:Lebih Mudah Mengendarai Motor Matic atau Motor Manual ? Ini Perbandingannya

BACA JUGA:10 Trik Modifikasi Motor Matic untuk Tampil Lebih Keren

Suara bising ini muncul karena daya lumas oli gardan sudah berkurang, sehingga gesekan tidak terlumasi dengan baik. Hal ini juga dipengaruhi oleh adanya kotoran yang berasal dari logam yang telah bersirkulasi bersama dengan oli, membuat permukaan logam menjadi lebih cepat aus.

Jika kamu mendengar suara bising di motor maticmu, segera bawa ke bengkel resmi terdekat untuk melakukan penggantian oli gardan. Jangan abaikan beberapa komponen seperti gear ratio bisa menjadi rentan aus, dan biaya perbaikan akhirnya akan menjadi lebih besar.

Dengan mengenali ciri-ciri oli gardan habis pada motor matic ini, kamu bisa lebih cepat mengambil langkah untuk menjaga performa motor maticmu tetap prima dan menghindari kerusakan yang lebih serius. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: