Jangan Abaikan! 7 Bagian Motor Listrik yang Harus Dibersihkan Setiap Hari

Jangan Abaikan! 7 Bagian Motor Listrik yang Harus Dibersihkan Setiap Hari

Bagian Motor Listrik yang Harus Dibersihkan-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ternyata, ada beberapa bagian motor listrik yang harus dibersihkan setiap hari. Apa saja bagian tersebut?

Motor listrik semakin menjadi pilihan utama bagi banyak orang karena efisiensi dan ramah lingkungannya. Namun, agar Motor listrik Anda tetap dalam kondisi optimal, perawatan harian sangat penting. 

Salah satu aspek perawatan yang sering terabaikan adalah pembersihan komponen motor listrik. Membersihkan bagian-bagian tertentu setiap hari dapat mencegah kerusakan dan memperpanjang umur kendaraan Anda. 

Berikut adalah beberapa bagian motor listrik yang harus dibersihkan setiap hari untuk menjaga performanya.

1. Body Motor

Bagian luar motor listrik atau body motor adalah bagian yang paling mudah terlihat dan sering terpapar debu, kotoran, dan lumpur. Membersihkan body motor setiap hari akan membuat motor Anda terlihat rapi.

BACA JUGA:Rahasia Dibalik Perawatan Motor Listrik Jenis Hub Drive, Setahun Cuma Ganti Part Ini!

BACA JUGA:Bagaimana Perawatan Motor Listrik Hasil Konversi? Simak Biar Gak Salah!

Selain itu, membersihkan motor juga dapat mencegah kotoran menempel terlalu lama yang bisa menyebabkan korosi atau cat menjadi kusam. Gunakan kain lembut dan sedikit air untuk mengelap body motor, hindari penggunaan deterjen keras yang dapat merusak cat.

2. Rantai (jika ada)

Beberapa motor listrik menggunakan rantai untuk menghubungkan motor ke roda belakang. Rantai ini dapat mengumpulkan kotoran dan debu yang dapat mempercepat keausan. 

Bersihkan rantai setiap hari dengan menggunakan sikat kecil untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Setelah dibersihkan, lumasi rantai dengan pelumas khusus rantai untuk menjaga kelancaran dan menghindari karat.

3. Roda dan Velg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: