Jangan Abaikan! 7 Bagian Motor Listrik yang Harus Dibersihkan Setiap Hari

Jangan Abaikan! 7 Bagian Motor Listrik yang Harus Dibersihkan Setiap Hari

Bagian Motor Listrik yang Harus Dibersihkan-Freepik-

Roda dan velg sering terpapar kotoran jalanan seperti debu, pasir, dan lumpur. Membersihkan roda dan velg setiap hari penting untuk mencegah penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan goresan atau bahkan kerusakan pada velg. 

BACA JUGA:Bagaimana Perawatan Motor Listrik yang Baru Dibeli? Pemula Wajib Tahu!

BACA JUGA:Tanpa Oli, Fokus Perawatan Motor Listrik Ada Pada 2 Hal Ini!

Gunakan air dan sikat lembut untuk membersihkan kotoran yang menempel pada roda dan velg, pastikan untuk mengeringkannya dengan kain bersih setelah dicuci.

4. Rem dan Cakram

Komponen rem dan cakram adalah bagian penting yang memastikan keamanan berkendara. Kotoran atau debu yang menempel pada cakram dan kampas rem dapat mengurangi efektivitas pengereman dan mempercepat keausan. 

Bersihkan cakram dan kampas rem setiap hari dengan menggunakan kain bersih dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel.

5. Area Baterai

Baterai adalah komponen penting pada motor listrik. Menjaga kebersihan area baterai sangat penting untuk memastikan tidak ada debu atau kotoran yang dapat mengganggu koneksi listrik. 

BACA JUGA:Perawatan Motor Listrik Uwinfly Lebih Mudah dengan Aplikasi Uwinfly Mobile

BACA JUGA:Perhatikan! Inilah Cara yang Penting untuk Perawatan Motor Listrik Setelah Ditinggal Mudik

Bersihkan area sekitar baterai dengan kain kering dan pastikan terminal baterai bersih dari debu atau korosi. Jika baterai dapat dilepas, periksa dan bersihkan juga bagian bawah baterai dan ruang tempat baterai diletakkan.

6. Kabel dan Konektor

Kabel dan konektor adalah bagian penting yang menghubungkan berbagai komponen motor listrik. Debu atau kotoran yang menempel pada kabel dan konektor dapat menyebabkan koneksi listrik yang buruk atau bahkan kerusakan pada kabel. 

Periksa dan bersihkan kabel serta konektor setiap hari dengan menggunakan kain kering atau sikat kecil. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel pada bagian ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: