Pendaftar PKD di Bawaslu Kabupaten Purbalingga Membludak

Pendaftar PKD di Bawaslu Kabupaten Purbalingga Membludak

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Muhammad Amin melakukan supervisi pendaftaran PKD di Bawaslu Kabupaten Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pendaftaran Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purbalingga, membludak. Tak kurang dari 113 pendaftar menyerahkan berkas pendaftaran kepada panitia rekrutmen, pada hari ketiga, Senin, 20 Mei 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Purbalingga Misrad mengatakan, pendaftaran PKD untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, akan ditutup Selasa, 21 Mei 2024.

"Jika masih ada desa atau kelurahan yang belum memenuhi kuota pendaftar minimal dua orang. Maka kami akan melakukan perpanjangan pendaftaran," katanya kepada Radarmas.

Dia menjelaskan, pendaftaran PKD dipusatkan di Bawaslu Kabupaten Purbalingga. Karena hingga saat ini, Pantia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), masih belum terbentuk.

BACA JUGA:Pilkada Semakin Dekat, Jadwal Bawaslu Kabupaten Purbalingga Semakin Padat

BACA JUGA:Bawaslu Kabupaten Purbalingga Buka Rekrutmen Panwascam Kategori Pendaftar Baru

Sementara itu, pendaftaran hari ketiga PKD di Bawaslu Kabupaten Purbalingga didatangi langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Muhammad Amin.

Dia terlihat turun langsung melakukan supervisi pendaftaran PKD. Dia meminta kepada pantia rekrutmen PKD untuk mengubah sistem pendaftaran.

Sebab, terlihat antrean pendaftar mengular di kantor Bawaslu Kabupaten, untuk melakukan verifikasi berkas pendaftaran. 

"Jika perlu anggota Panwascam existing dilibatkan untuk membantu pendaftaran. Sehingga, pendaftar bisa terlayani dengan baik," ujarnya.

BACA JUGA:Tak Ikut Tes CAT, Tiga Pelamar Panwascam Kategori Pendaftar Baru Dinyatakan Gugur

BACA JUGA:Dua Muka Lama Lolos Verifikasi Administrasi Panwascam Kategori Pendaftar Baru

Sebab, diprediksi pada hari terakhir pendaftaran jumlah pendaftar akan membeludak. Sehingga, perlu dilakukan antisipasi agar semua pendaftar terlayani.

Berdasarkan data dari petugas pendaftaran, pada hari pertama terdapat 20 pendaftar. Sedangkan, pada hari kedua terdapat 26 pendaftar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: