SIMAK Penyebab Motor Matic Mati saat di Gas RPM Tinggi, WAJIB DIWASPADAI!

SIMAK Penyebab Motor Matic Mati saat di Gas RPM Tinggi, WAJIB DIWASPADAI!

SIMAK Penyebab Motor Matic Mati saat di Gas RPM Tinggi, WAJIB DIWASPADAI!-yamahadelta-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab motor matic mati saat di gas RPM tinggi, merupakan hal yang harus diwaspadai oleh pengendara. Hal ini dikarenakan, dapat membahayakan keselamatan pengendara dan orang lain.

Pernahkah Anda mengalami situasi menegangkan di jalan raya, saat motor matic Anda tiba-tiba mati saat digas dengan putaran tinggi (RPM tinggi)?

Hal ini tentu saja dapat membahayakan dan membuat panik pengendara. Anda tidak sendirian. Banyak pengguna motor matic yang pernah menghadapi masalah serupa.

Menyelami Penyebab motor matic Mogok di RPM tinggi

Mengerti penyebab motor matic mati saat di gas RPM tinggi. Mengharuskan kita untuk memahami sistem kerja mesin matic, khususnya pada sistem pembakaran.

 

BACA JUGA:Keuntungan Membeli Motor Matic Yamaha NMAX

BACA JUGA:Keuntungan Membeli Motor Matic Yamaha XMAX

Saat Anda menarik tuas gas, artinya Anda memerintahkan mesin untuk bekerja lebih keras. Hal ini membutuhkan suplai udara dan bensin yang lebih banyak, untuk menghasilkan tenaga yang optimal.

Sistem bahan bakar dan pengapian pada motor matic bekerja secara sinkron, untuk memasokkan kebutuhan tersebut. Jika terjadi gangguan pada salah satu komponen dalam sistem ini, maka pembakaran bisa terganggu dan mesin pun mati.

Penyebab Motor Matic Mati saat di Gas RPM Tinggi

Berikut beberapa penyebab umum yang bisa membuat motor matic Anda, mogok saat digasar RPM tinggi:

1. Kekurangan Bensin

Ini adalah penyebab paling mendasar. Saat indikator bensin menunjukkan kondisi kosong atau mendekati kosong, itu artinya suplai bensin ke mesin menjadi tidak lancar.  

BACA JUGA:5 Alasan Anda Harus Membeli Motor Matic Honda Beat

BACA JUGA:5 Kekurangan Motor Matic Yamaha NMax

Akibatnya, pada putaran mesin tinggi, kebutuhan bensin yang lebih banyak tidak bisa terpenuhi dan mesin pun mati. Jadi selalu biasakan untuk mengisi bensin, sebelum motor benar-benar kehabisan.

2. Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor penuh dengan debu dan kotoran, sehingga menghambat aliran udara yang masuk ke mesin. Sehingga berakibat pada campuran bahan bakar dan udara yang tidak ideal.  

Campuran yang terlalu kaya bensin atau terlalu banyak udara, bisa menyebabkan mesin tidak bisa hidup atau mati saat digas tinggi. Untuk itu, bersihkan atau ganti filter udara secara berkala sesuai dengan petunjuk pabrikan.

3. Busi Bermasalah

Busi adalah komponen penting dalam sistem pengapian yang bertugas menghasilkan percikan api, untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar. Jika busi kotor, aus, atau elektrodanya sudah terkikis, maka percikan api yang dihasilkan menjadi lemah atau tidak ada sama sekali.  

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Matic Yamaha NMax 155

BACA JUGA:5 Motor Matic Paling Kuat Gaspol di Tanjakan

Akibatnya, mesin tidak bisa hidup atau mati saat membutuhkan percikan api yang kuat, seperti pada saat putaran mesin tinggi. Oleh karena itu lakukan pemeriksaan kondisi busi secara rutin, dan ganti busi jika diperlukan.

4. Koil Pengapian Rusak

Koil pengapian berfungsi untuk mengubah arus listrik dari aki menjadi tegangan tinggi, yang dibutuhkan untuk menghasilkan percikan api pada busi. Jika koil pengapian rusak atau lemah, maka suplai listrik ke busi menjadi tidak mencukupi, dan mesin bisa mati saat digas tinggi.  

Bawa motor Anda ke bengkel, untuk pemeriksaan lebih lanjut jika Anda menduga koil pengapian sebagai penyebab masalah.

5. Sensor-Sensor Rusak (khusus motor injeksi)

Motor matic injeksi memiliki beberapa sensor yang bertugas mengumpulkan data, untuk menjalankan mesin secara optimal. Salah satu sensor tersebut adalah sensor throttle (TPS), yang bertugas membaca posisi katup gas.  

BACA JUGA:5 Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Yamaha vs Motor Matic Honda

BACA JUGA:6 Motor Matic yang Cocok untuk Perempuan Berdasarkan Gaya, Kenyamanan, dan Keamanan

Data dari sensor throttle ini dikirimkan ke ECU (Electronic Control Unit), untuk mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke ruang bakar.

Jika sensor throttle rusak, maka ECU tidak akan mendapatkan informasi yang benar tentang posisi katup gas. Sehingga hal ini bisa menyebabkan mesin mati saat digas tinggi.  

Selain sensor throttle sensor-sensor lain seperti sensor MAP (Manifold Absolute Pressure), dan sensor O2 (Oxygen Sensor) yang bermasalah juga bisa mempengaruhi pembakaran. Hal ini menyebabkan mesin mati saat digas tinggi.

6. Pompa Bensin Rusak

Pompa bensin bertugas memompa bensin dari tangki ke sistem injeksi. Jika pompa bensin rusak atau lemah, maka suplai bensin ke mesin menjadi tidak lancar. Terutama pada saat putaran mesin tinggi yang membutuhkan bensin lebih banyak.  

BACA JUGA:Terus Berinovasi, Inilah Fitur Motor Matic Honda BeAt Terbaru yang Semakin Luar Biasa

BACA JUGA:Fitur Canggih Yamaha Mio Gear 125 dan Nmax yang Tidak Dimiliki Motor Matic Pesaing

Akibatnya, mesin bisa kekurangan bensin dan akhirnya mati. Gejala lain dari pompa bensin yang lemah, adalah mesin susah hidup atau tenaga mesin berkurang.

7. Injector Kotor atau Tersumbat (khusus motor injeksi)

Injector pada motor injeksi, berfungsi untuk menyemprotkan bensin ke ruang bakar sesuai dengan instruksi dari ECU. Jika injector kotor atau tersumbat, maka semprotan bensin tidak akan optimal.  

Campuran bahan bakar dan udara menjadi tidak ideal, dan bisa menyebabkan mesin mati saat digas tinggi. Selain itu injector yang kotor juga bisa menyebabkan mesin brebet, atau tidak bertenaga.

8. Overheat (Mesin Terlalu Panas)

Mesin yang terlalu panas (overheat) bisa menyebabkan berbagai masalah, termasuk mesin mati saat digas tinggi. Saat mesin bekerja, suhu mesin akan meningkat.  

BACA JUGA:Anda Perlu Tau! 5 Penyebab Oli Transmisi Motor Matic Berubah Warna

BACA JUGA:Gampang Banget! Inilah 5 Cara Mudah Mengatasi Kerusakan Pada Roller Motor Matic

Sistem pendingin mesin, berfungsi untuk menjaga agar suhu mesin tetap berada pada batas normal. Jika sistem pendingin tidak berfungsi dengan baik, misalnya karena kekurangan cairan pendingin atau kipas radiator yang rusak, maka mesin bisa menjadi overheat.  

Pada kondisi overheat komponen mesin bisa memuai dan menyebabkan mesin menjadi macet, sehingga mesin mati saat digas tinggi.

Dengan memahami penyebab motor matic mati saat di gas RPM tinggi, Anda dapat menjaga performa mesin matic tetap prima dan terhindar dari mogok di jalan raya. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: