SIMAK! Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED pada Motor Matic

SIMAK! Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED pada Motor Matic

SIMAK! Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED pada Motor Matic-honda-

BACA JUGA:Pertimbangkan! Inilah Alasan untuk Tidak Membeli Motor Matic Yamaha Aerox 155

BACA JUGA:Waspadai! Hal yang dapat Menyebabkan Tangki Bensin Motor Matic Berkarat, Berakibat Kebocoran

Lampu tembus kabut menggunakan bohlam halogen yang penyebaran cahayanya lebih lebar, dan memiliki spektrum warna tertentu yang efektif menembus kabut.

Dengan kombinasi lampu LED, untuk penerangan jalan dan lampu tembus kabut untuk menerangi kabut. Anda akan mendapatkan visibilitas yang lebih baik, dan keamanan berkendara yang lebih terjamin.

3. Harga yang Lebih Mahal Dibandingkan Lampu Halogen

Dibandingkan dengan lampu halogen, harga lampu LED umumnya lebih mahal. Harga ini dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan dan kualitas bahan pembuatannya.  

Lampu LED dengan kualitas dan performa yang baik, tentunya akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. Namun dengan melihat kelebihannya seperti usia pakai yang lama dan kehematan aki, dalam jangka panjang penggunaan lampu LED bisa lebih hemat biaya.

BACA JUGA:Waspadai! Tanda-tanda Komstir Motor Matic Harus Diganti, Menjaga Keselamatan dan Kenyamanan Berkendara

BACA JUGA:SIMAK 5 Penyebab Bendik Starter Motor Matic Rusak, Wajib Diwaspadai! 

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk penggantian lampu secara rutin, dan aki yang lebih awet membuat Anda terhindar dari pengeluaran tak terduga.

4. Pemasangan yang Lebih Rumit

Tidak semua lampu LED motor matic bersifat plug and play, yaitu bisa langsung dipasang tanpa perlu modifikasi. Beberapa lampu LED membutuhkan penyesuaian dudukan atau bahkan kelistrikan motor.  

Hal ini dikarenakan perbedaan bentuk dan daya, antara lampu LED dan lampu halogen bawaan motor. Untuk itu disarankan agar pemasangan lampu LED dilakukan oleh bengkel yang berpengalaman, agar tidak terjadi korsleting atau masalah kelistrikan lainnya.  

Bengkel yang berpengalaman memiliki pengetahuan dan peralatan yang tepat, untuk memastikan lampu LED terpasang dengan baik dan berfungsi secara optimal.

5. Kualitas Lampu Variatif dan Perlu Diperhatikan

Pasar lampu LED aftermarket menawarkan beragam kualitas dan harga. Sebaiknya Anda memilih lampu LED dari brand ternama yang sudah terjamin kualitasnya.  

BACA JUGA:Yuk Cari Tau! Kecanggihan Motor Matic Ninja J125 dan J300, Menggunakan Teknologi Canggih Khas NINJA

BACA JUGA:Wajib Tahu! 6 Penyebab Utama Velg Motor Matic Menjadi Penyok

Lampu LED kualitas rendah tidak hanya berumur pendek, tapi juga bisa berpotensi merusak kelistrikan motor Anda. Lampu LED kualitas rendah, umumnya menggunakan bahan dan komponen yang tidak sesuai standar.

Selain itu, performa cahaya yang dihasilkan pun tidak optimal, dan beresiko menyilaukan pengendara lain.  Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah lampu LED yang sudah tersertifikasi dan lolos uji kelayakan.

Kelebihan dan kekurangan lampu LED pada motor matic menjadi pertimbangan, dalam memilih yang tepat untuk motor matic Anda. Pertimbangkan kebutuhan dan kondisi berkendara Anda, sebelum memutuskan untuk menggunakan lampu LED. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: