Yuk Cari Tau! Jenis-Jenis Spion untuk Motor Matic, yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Yuk Cari Tau! Jenis-Jenis Spion untuk Motor Matic, yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Yuk Cari Tau! Jenis-Jenis Spion untuk Motor Matic, yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda-blibli-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jenis-jenis spion untuk motor matic menjadi semakin beragam dan menarik, mengikuti perkembangan tren dan kebutuhan pengendara. Saat ini, tidak hanya fungsi utama spion sebagai alat bantu melihat ke belakang yang diutamakan, tetapi aspek estetika pun menjadi pertimbangan penting.

Spion motor matic memegang peranan krusial dalam berkendara. Lebih dari sekadar aksesoris pemanis, spion yang baik memastikan keselamatan Anda di jalan raya.  

Visibilitas yang optimal ke segala arah, menjadi kunci utama untuk menghindari blind spot dan potensi kecelakaan. Berikut ini akan menjadi panduan lengkap Anda dalam memilih spion motor matic terbaik, dengan membahas berbagai jenis-jenis spion untuk motor matic.

Mengenal Jenis-Jenis Spion Motor Matic

Dunia spion motor matic menawarkan beragam pilihan. Setiap jenis-jenis spion untuk motor matic, mempunyai fungsi dan karakteristik yang berbeda:

1. Spion Standar

Spion standar menjadi “wajah” bawaan pabrik pada motor matic Anda. Biasanya terbuat dari plastik dengan bentuk yang simpel dan fungsional.

BACA JUGA:Mengenal 5 Perbedaan Tune Up Dengan Service Pada Motor Matic

BACA JUGA:Ketahui! Inilah 8 Tips Penting Tune Up Motor Matic yang Tepat

Keunggulannya terletak pada harga yang terjangkau dan kemudahan didapatkan. Namun, keterbatasannya adalah bidang pandang yang cenderung sempit.  

Untuk kondisi jalanan yang ramai, spion standar mungkin tidak mampu memberikan visualisasi lengkap situasi di sekitar Anda.

2. Spion Cembung

Spion cembung, sesuai namanya memiliki permukaan cermin yang melengkung ke luar. Berkat desain ini, spion cembung mampu menyuguhkan bidang pandang yang jauh lebih luas dibandingkan spion standar.  

Ini menjadi keunggulan utama, terutama di jalanan yang padat kendaraan. Spion cembung memungkinkan Anda melihat dengan jelas objek yang berada di “blind spot”, area yang tidak tertangkap pandangan mata secara langsung.

BACA JUGA:5 Penyebab Rem Motor Matic Blong yang Perlu Anda Tahu!

BACA JUGA:6 Hal yang Menyebabkan Stang Motor Matic Menjadi Berat

Namun, perlu dicatat bahwa permukaan cembung sedikit “mengkorupsi” akurasi jarak pandang. Objek yang terlihat di spion cembung akan tampak lebih kecil dari ukuran sebenarnya.  

Meski demikian keuntungan dari bidang pandang yang luas, tetap menjadi nilai tambah signifikan untuk keselamatan berkendara.

3. Spion Datar

Spion datar memiliki permukaan cermin yang rata, sebagaimana namanya. Kelebihannya terletak pada akurasi jarak pandang.  

Objek yang terlihat di spion datar akan tampak sesuai dengan ukuran sebenarnya. Ini memberikan gambaran yang lebih realistis, mengenai kondisi di belakang Anda.

BACA JUGA:WAJIB TAU! Cara Mengatasi Motor Matic yang Terkena Banjir, Hindari Kerusakan Serius

BACA JUGA:5 Kekurangan Motor Matic Honda PCX

Kendati demikian spion datar memiliki kelemahan pada bidang pandang yang lebih sempit, dibandingkan spion cembung. Spion datar kurang ideal untuk digunakan di jalanan yang ramai, terutama ketika Anda membutuhkan pemantauan area yang luas.  

Spion datar lebih cocok untuk penggunaan di jalanan yang lengang, di mana Anda tidak perlu khawatir banyak kendaraan lalu-lalang di belakang Anda.

4. Spion Jalu

Ingin tampil stylish dan sporty? Spion jalu jawabannya. Sesuai namanya, spion jalu dipasang langsung pada stang motor matic Anda.  

Umumnya terbuat dari material kokoh seperti aluminium atau baja, sehingga menjanjikan ketahanan yang baik. Selain tampilan yang atraktif, spion jalu juga menawarkan keunggulan berupa kemampuan dilipat.  

BACA JUGA:Waspadai! Hal yang dapat Menyebabkan Tangki Bensin Motor Matic Berkarat, Berakibat Kebocoran

BACA JUGA:Waspadai! Tanda-tanda Komstir Motor Matic Harus Diganti, Menjaga Keselamatan dan Kenyamanan Berkendara

Fitur ini sangat berguna untuk melindungi spion dari kerusakan saat terjatuh, namun ada harga yang harus dibayar untuk keunggulan tersebut. Spion jalu umumnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal, dibandingkan spion standar.

5. Spion Tomok

Pecinta modifikasi motor mungkin sudah tidak asing dengan spion tomok. Spion asal Thailand ini terkenal dengan kualitas dan desainnya yang premium.  

Spion tomok tersedia dalam beragam model dan warna, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan selera dan gaya motor Anda. Namun, ada konsekuensi tersendiri untuk keunggulan tersebut.  

Spion tomok umumnya dibanderol dengan harga yang sangat mahal, dibandingkan jenis spion lainnya. Sebelum memutuskan untuk memilih spion tomok, pastikan budget Anda sesuai dan Anda memang menginginkan sentuhan premium pada motor matic Anda.

6. Spion Bar End

Selain spion jalu, ada alternatif lain untuk tampilan sporty yaitu spion bar end. Spion bar end dipasang pada ujung stang motor, sehingga posisinya sejajar dengan grip tangan Anda.  

BACA JUGA:SIMAK 5 Penyebab Bendik Starter Motor Matic Rusak, Wajib Diwaspadai!

BACA JUGA:Yuk Cari Tau! Kecanggihan Motor Matic Ninja J125 dan J300, Menggunakan Teknologi Canggih Khas NINJA

Meski tampilannya unik dan sporty perlu diperhatikan bahwa spion bar end, umumnya memiliki bidang pandang yang lebih terbatas dibandingkan jenis spion lainnya. Penggunaan spion bar end sebaiknya diimbangi dengan spion lain, yang memiliki bidang pandang luas untuk memastikan keamanan berkendara.

7. Spion Aftermarket

Dunia aftermarket menawarkan beragam pilihan spion motor matic. Spion aftermarket umumnya hadir dengan desain yang lebih atraktif dan sporty, dibandingkan spion standar.  

Material yang digunakan juga bervariasi, mulai dari plastik hingga aluminium. Sebelum memilih spion aftermarket, pastikan kualitasnya terjamin dan telah sesuai dengan standar keamanan.

Dengan pemahaman terhadap jenis-jenis spion untuk motor matic, Anda kini dapat memilih spion motor matic terbaik yang menjawab kebutuhan Anda. Berkendara dengan aman dan nyaman dimulai dari pemilihan spion yang tepat! (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: