7 Penyebab Tersembunyi di Balik Rem Blong Motor Matic, Ancaman Nyata di Jalanan!

7 Penyebab Tersembunyi di Balik Rem Blong Motor Matic, Ancaman Nyata di Jalanan!

7 Penyebab Tersembunyi di Balik Rem Blong Motor Matic, Ancaman Nyata di Jalanan!-wahana honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab tersembunyi di balik rem blong motor matic, menjadi ancaman bagi keselamatan pengendara dan pengguna jalan lainnya. Ini dapat dilihat dari banyaknya kasus kecelakaan yang melibatkan motor matic, di mana rem blong menjadi salah satu faktor utama penyebabnya.

Rem adalah komponen vital pada kendaraan bermotor, tak terkecuali motor matic. Fungsinya yang krusial untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan, menjadikannya hal yang wajib diperhatikan kondisinya.

rem blong di mana rem tidak berfungsi dengan normal, menjadi momok menakutkan bagi pengendara karena dapat berujung pada kecelakaan fatal. Pada motor matic rem blong dapat terjadi lebih mudah, dibandingkan motor bebek ataupun sport.

Hal ini dikarenakan motor matic tidak memiliki engine brake, yang membantu memperlambat laju kendaraan secara alami. Sehingga seluruh fungsi pengereman bertumpu pada sistem rem itu sendiri.

BACA JUGA:CATAT! Kerugian Memasang Knalpot Brong pada Motor Matic, Berakibat pada Polusi Suara dan Udara

BACA JUGA:Wajib Tahu Nih! 6 Faktor Penyebab Karat Pada Motor Matic

Oleh karena itu penting bagi pengendara motor matic, untuk mewaspadai penyebab rem blong dan memahami cara mencegahnya. Berikut ini merupakan beberapa penyebab tersembunyi di balik rem blong motor matic, yang perlu Anda ketahui:

1. Teknik Pengereman yang Salah

Hampir semua motor matic saat ini menggunakan rem cakram di roda depanmem, sehingga membuat rem depan memiliki daya henti lebih besar dibandingkan rem belakang. Namun penggunaan rem depan secara berlebihan, terutama saat menuruni jalanan curam dan berkelok  dapat berakibat fatal.

Gesekan yang terjadi antara kampas rem dan piringan cakram saat pengereman, menghasilkan panas. Jika rem depan digunakan terus menerus terutama pada turunan panjang, panas yang dihasilkan bisa menjadi berlebihan.  

Hal ini dapat membuat minyak rem yang berperan meneruskan tekanan hidraulik, untuk  menjepitkan kampas rem ke piringan cakram mendidih dan menimbulkan gelembung udara.  Gelembung udara tersebut akan mengurangi efektivitas tekanan hidraulik, sehingga daya cengkram rem berkurang dan mengakibatkan rem blong.

2. Kebiasaan Menekan Rem Depan dan Belakang Bersamaan

Beberapa pengendara motor matic terbiasa menekan rem depan dan belakang, secara bersamaan saat melakukan pengereman keras. Kebiasaan ini sebenarnya dapat berakibat fatal.  

BACA JUGA:CANGGIH! Sistem Injeksi PGM-FI pada Motor Matic Honda, Menjadikannya Hemat Bahan Bakar

BACA JUGA:TERNYATA INI! Kelebihan Menggunakan Lampu LED pada Motor Matic, Berkendara Aman dan Nyaman

Sistem rem dirancang untuk bekerja secara proporsional. Menekan kedua rem secara bersamaan menyebabkan kampas rem dan piringan cakram bekerja lebih keras, dari pada semestinya sehingga meningkatkan risiko terjadinya panas berlebihan dan rem blong.

3. Memaksakan Kendaraan

Melewati tikungan tajam dengan kecepatan tinggi lalu mengerem mendadak, atau menuruni tanjakan curam dengan gigi tinggi tanpa engine brake. Hal ini dapat membuat rem dipaksa bekerja melebihi batas kemampuannya.  

Hal ini dapat menyebabkan rem blong, terutama pada kondisi rem yang sudah tidak prima. Sistem rem memiliki batasan kemampuan dalam menghentikan laju kendaraan.  

Memaksakan kendaraan pada kondisi tersebut akan membuat komponen rem bekerja terlalu keras, dan menghasilkan panas berlebihan yang kemudian dapat mengakibatkan rem blong.

4. Minyak Rem Bermasalah

Minyak rem memiliki peran penting dalam sistem pengereman, minyak rem yang berkualitas rendah tidak memiliki titik didih yang tinggi. Titik didih adalah suhu di mana minyak rem mulai  mendidih dan menimbulkan gelembung udara.  

BACA JUGA:Keunggulan Penggunaan Kunci Keyless pada Motor Matic

BACA JUGA:7 Komponen Penting Motor Matic yang Memengaruhi Kinerja

Minyak rem berkualitas rendah akan lebih mudah mendidih pada suhu yang lebih rendah, sehingga meningkatkan risiko terjadinya rem blong. Selain itu minyak rem yang sudah kadaluarsa atau terkontaminasi air, juga dapat menurunkan titik didihnya.  

Oleh karena itu penting untuk menggunakan minyak rem yang berkualitas, melakukan penggantian minyak rem secara berkala, dan menghindari tercampurnya minyak rem dengan air.

5. Kampas Rem Aus

Kampas rem memiliki fungsi untuk bergesekan dengan piringan cakram, sehingga laju kendaraan dapat diperlambat dan dihentikan. Seiring dengan penggunaan kampas rem akan mengalami keausan dan ketebalannya berkurang, hal ini menjadi salah satu penyebab tersembunyi di balik rem blong motor matic.

Kampas rem yang sudah aus atau tipis, tidak dapat bekerja dengan optimal dalam menghentikan laju kendaraan. Hal ini dapat meningkatkan risiko rem blong, terutama saat pengereman keras.

BACA JUGA:8 Fitur Penting pada Motor Matic Agar Selalu Aman Saat Berkendara

BACA JUGA:6 Motor Matic yang Memiliki Konsumsi Bensin Paling Irit, untuk Menghemat Pengeluaran

Pada saat kampas rem tipis kemampuannya untuk mencengkeram piringan cakram berkurang, sehingga daya henti pun berkurang. Selain itu kampas rem yang aus biasanya telah melampaui batas keausan yang dianjurkan, sehingga material kampas rem dapat hancur saat digunakan untuk mengerem keras.

Hal ini dapat menyebabkan rem tidak dapat berfungsi secara normal, dan mengakibatkan rem blong sehingga dapat membahayakan keselamatan pengendara dan orang lain.

6. Selang Rem Bocor

Selang rem berfungsi untuk menyalurkan tekanan minyak rem, dari master rem ke kaliper rem. Jika terjadi kebocoran pada selang rem tekanan minyak rem akan berkurang, dan dapat ditandai dengan tuas rem yang terasa lebih empuk saat ditekan.

Kurangnya tekanan minyak rem akan menyebabkan daya cengkram kampas rem berkurang, sehingga dapat mengakibatkan rem blong. Kebocoran pada selang rem biasanya disebabkan oleh faktor usia atau kerusakan fisik, seperti tertekan atau terjepit.

7. Kaliper Rem Macet

Kaliper rem merupakan komponen yang berfungsi menekan kampas rem ke piringan cakram, saat tuas rem ditekan. Setelah pengereman selesai, kaliper rem harus bisa mengembalikan kampas rem ke posisi semula.

BACA JUGA:Penyebab & Solusi Mengatasi Tarikan Gas Motor Matic yang Berat

BACA JUGA:5 Alasan Mengapa Motor Matic Yamaha Fino 125 Wajib Dibeli

Jika kaliper rem macet maka kampas rem akan terus menerus menjepit piringan cakram, sehingga dapat menyebabkan rem blong. Kaliper rem yang macet biasanya disebabkan oleh penumpukan kotoran, karat, atau kerusakan pada piston kaliper.

Dengan memahami penyebab tersembunyi di balik rem blong motor matic, diharapkan pengendara motor matic dapat terhindar dari bahaya kecelakaan akibat rem blong. Ingat perawatan kendaraan secara rutin dan menerapkan teknik berkendara yang aman, merupakan hal penting untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.  (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: