Oli Motor Matic Jadi Berlumpur? Ini Penyebabnya!

Oli Motor Matic Jadi Berlumpur? Ini Penyebabnya!

Penyebab oli motor matic menjadi berlumpur -Pinterest -

BACA JUGA:Wajib Tahu Nih! 6 Faktor Penyebab Karat Pada Motor Matic

2. Penggunaan Oli yang Tidak Sesuai

Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan motor matic dapat menjadi penyebab lain dari terbentuknya lumpur dalam oli. 

Setiap mesin memiliki kebutuhan oli yang spesifik, tergantung pada faktor seperti suhu, tekanan, dan pergerakan mesin.

Menggunakan oli yang tidak sesuai dapat menyebabkan reaksi kimia yang tidak diinginkan di dalam mesin, menghasilkan endapan atau lumpur.

Untuk mencegah masalah ini, sangat penting untuk selalu menggunakan jenis dan viskositas oli yang direkomendasikan oleh pabrikan motor matic. 

Dengan memilih oli yang sesuai akan memastikan pelumasan yang optimal dan melindungi mesin dari pembentukan lumpur dan kerusakan lainnya.

3. Tumpahan Air ke Dalam Mesin

Keberadaan air di dalam sistem oli adalah salah satu penyebab utama oli motor matic menjadi berlumpur. Air bisa masuk ke dalam mesin melalui tumpahan saat mengisi oli atau melalui kondensasi yang terjadi dalam lingkungan yang lembap. 

Ketika air bercampur dengan oli dalam mesin yang panas, hal ini dapat menyebabkan pengenceran oli dan pembentukan lumpur. Untuk mencegah masalah ini, pastikan untuk selalu mengisi oli dengan hati-hati dan hindari tumpahan. 

Gunakan corong yang bersih dan pastikan tidak ada air yang terkontaminasi yang masuk ke dalam sistem. Selain itu, hindari menjalankan motor matic dalam kondisi lingkungan yang lembap jika memungkinkan.

BACA JUGA:CANGGIH! Sistem Injeksi PGM-FI pada Motor Matic Honda, Menjadikannya Hemat Bahan Bakar

BACA JUGA:7 Komponen Penting Motor Matic yang Memengaruhi Kinerja

4. Pemakaian Intensif Tanpa Pemeliharaan yang Tepat

Pemakaian motor matic secara intensif tanpa pemeliharaan yang tepat dapat menjadi penyebab lain dari terbentuknya lumpur dalam oli. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: