Local Hero Binaan Kilang Cilacap Raih Juara Lomba Cerita Naratif Inspiratif KLHK RI

Local Hero Binaan Kilang Cilacap Raih Juara Lomba Cerita Naratif Inspiratif KLHK RI

Mohammad Jamaludin (kedua kiri) saat terima penghargaan dari Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL).-PT KPI RU IV Cilacap-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Prestasi gemilang di bidang lingkungan kembali diraih PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap. Pada Lomba Cerita Naratif Inspiratif Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) RI, Mohamad Jamaludin, Local Hero binaan Kilang Cilacap berhasil meraih juara 2 kategori cerita naratif inspiratif. 

Penghargaan diterima oleh Jamal didampingi tim HSSE & CSR RU IV pada penganugerahan Festival Pengendalian Lingkungan 2024 dari Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), Sigit Reliantoro di auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, KLHK RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Ini merupakan puncak dari rangkaian lomba bertajuk ‘Inisiatif Lokal Untuk Mengatasi Triple Planetary Crisis melalui Pemberdayaan Masyarakat yang Dikelola oleh Perusahaan’.

Lomba ini menjadi wadah perusahaan bersama mitra (local hero) untuk berbagi inspirasi dan pembelajaran, terkait inisiatif lokal melalui pemberdayaan masyarakat berkolaborasi dengan perusahaan melalui kekuatan narasi dan cerita inspiratif.

BACA JUGA:Hari Bumi, Melihat Kontribusi Komunitas Mom’s Go Green Pertamina Selamatkan Lingkungan

BACA JUGA:Kerugian Kebakaran 4 Kapal di Dermaga 3 PPSC Capai Rp 8 Miliar, Satu Orang Nahkoda Kapal Meninggal

Pada kesempatan ini, RU IV berkolaborasi dengan Jamal mengangkat cerita sukses tempat tinggalnya, Dusun Bondan di Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap, menjadi Desa Energi Berdikari melalui Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH). 

Dalam cerita itu dipaparkan kondisi Dusun Bondan yang selama puluhan tahun sulit terjamah penerangan listrik karena lokasi yang terpencil.

Perubahan mulai terlihat setelah masuknya teknologi _Hybrid Energy One Pole (HEOP) yang menggabungkan sel surya dan kincir angin pada 2017, atas inisiasi dari KPI RU IV.

Dua tahun berikutnya dikembangkan PLTH. Teknologi yang hadir dengan kapasitas lebih besar berupa 5 unit kincir angin dan 24 unit panel surya. Selain menerangi 78 rumah dan fasilitas umum, PLTH juga dimanfaatkan untuk aktivitas tambak ikan, dan pengolahan air payau menjadi layak konsumsi dengan sistem desalinasi. 

Atas inisiasi RU IV dan peran Jamal sebagai local hero serta dukungan warga setempat, Dusun Bondan ditetapkan sebagai Dusun Mandiri Energi pada 2019 dan 2021, serta berbagai penghargaan lain.

Dari total 137 perusahaan yang berpartisipasi dalam lomba, kisah Jamal & RU IV masuk 20 besar. Selanjutnya dilakukan penilaian akhir dengan metode story telling oleh sang Local Hero, langsung di hadapan juri. Hasil akhir, Jamal dinobatkan sebagai Juara 2 Local Hero Inspiration untuk cerita berjudul “Jalan Terang penuh Harapan di Dusun Bondan”.

Area Manager Communication, Relations & CSR RU IV, Cecep Supriyatna mengaku bangga, peran perusahaan yang turut hadir mengatasi persoalan masyarakat di Dusun Bondan menjadi kisah sukses yang menginspirasi.

"Kami bersyukur atas prestasi yang diraih mas Jamal dan RU IV. Semoga apa yang sudah kita buat bersama, bisa terus bermanfaat, sustain dan dijaga bersama-sama sampai kapanpun," ungkapnya. (*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: