Popda Wushu Tingkat Kabupaten Diikuti 108 Atlet Pelajar Banjarnegara

Popda Wushu Tingkat Kabupaten Diikuti 108 Atlet Pelajar Banjarnegara

POPDA : Popda Wushu yang sedang berlangsung di GOR Rumdin Banjarnegara.-Pujud/Radarmas-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ajang Pekan Olahraga Pelajar (Popda) tingkat Kabupaten Banjarnegara sudah berlangsung. Sebanyak 108 atlet wushu pelajar mengikuti poda di GOR Rumdin Banjarnegara Minggu 21 sampai Selasa 23 April 2024.

Para atlet muda wushu pelajar ini merupakan atlet dari sasana yang ada di lingkungan sekolah. Mereka bertanding dengan membawa nama sekolah mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA, MA, SMK.

Ketua Panitia pelaksana Popda wushu Kabupaten Banjarnegara Maula Al faruq memberikan penjelasannya. Dia mengatakan, para atlet yang bertanding ini merupakan atlet pelajar. Dia mengatakan, ajang ini merupakan bagian dari seleksi tingkat kabupaten untuk mencari atlet muda yang akan mewakili Banjarnegara di tingkat provinsi.

“Ini adalah kali pertama cabang wushu menggelar Popda di tingkat kabupaten. Tahun lalu, kita hanya seleksi internal dan hanya mengirimkan 3 atlet di tingkat provinsi dan mendapatkan 1 perunggu,” katanya.

BACA JUGA:Tahap Pembangunan Cilacap City Mall, DPMPTSP Sebut Masih Proses Kementerian Lingkungan Hidup

BACA JUGA:Butuh Penjelaskan Lebih Lanjut LKPJ Bupati, Pansus I DPRD Purbalingga Bakal Panggil Sejumlah OPD

Menurutnya, banyak atlet wushu Banjarnegara pada nomor Sanda (pertarungan). Hal itu membuat Pengkab Wushu Banjarnegara bersama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara menggelar Popda tingkat kabupaten. Langka itu sebagai sarana pencarian atlet wushu terbaik di Banjarnegara.

“Wushu memang baru ada di Popda. Namun untuk tingkat senior, wushu Banjarnegara pernah berjaya. Sehingga kami berharap ini bisa menjadi awal dari kebangkitan wushu Banjarnegara,” ujarnya, Senin (22/4).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara Teguh Handoko memberikan penjelasannya. Dia mengatakan, cabor wushu ini merupakan cabang baru untuk gelaran Popda tingkat kabupaten. Namun melihat tingginya peserta membuat dirinya merasa optimistis wushu Banjarnegara bisa terus berkembang dengan baik.

Dia menjadi semakin yakin jika melihat sejarah wushu Banjarnegara. Sebab, wushu Banjarnegara selalu menempatkan wakilnya di ajang PON.

“Wushu memang baru ada di Popda, namun kami optimistis wushu Banjarnegara dapat terus berkembang. Ada kesinambungan dalam regenerasi untuk meraih prestasi,” ujarnya.(jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: