Beberapa komponen Penting dalam CVT Motor Matic

Beberapa komponen Penting dalam CVT Motor Matic

Beberapa bagian-bagian atau komponen penting dalam CVT pada sepeda motor matic.-Fahma Ardiana-

BACA JUGA:9 Langkah Tepat Sebelum Membeli Motor Matic Bekas

7. Pembawa Kopling (Clutch Lining)

Fungsi kampas kopling pada transmisi CVT adalah meneruskan putaran dari poros sekunder ke roda pada saat poros sekunder berputar dengan kecepatan sedang. Gaya sentrifugal bekerja pada lapisan kopling ini.

Bila poros sekunder berputar, lapisan kopling juga berputar secara otomatis. Perputaran lapisan kopling menimbulkan gaya sentrifugal yang menggerakkan lapisan kopling keluar dan menghubungkannya dengan rumah kopling.

8. Rumah Kopling (Rumah Kopling atau Cangkang Kopling)

Rumah kopling atau cangkang kopling berbentuk seperti tromol rem. Fungsinya untuk menyerap putaran dari lapisan kopling dan menyalurkannya ke roda belakang.

9.V-belt

V-belt merupakan tali khusus yang terbuat dari serat baja yang dicampur dengan karet. Fungsinya untuk menghubungkan putaran puli primer dengan puli sekunder. V-belt sepeda CVT dirancang khusus untuk fleksibilitas tinggi.

10. Peredam

Bagian ini disebut juga peredam atau transmisi. Sesuai dengan namanya, komponen ini mengurangi atau menyeimbangkan putaran mesin mulai dari CVT hingga roda belakang.

Itulah beberapa bagian-bagian atau komponen penting dalam CVT motor matic. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: