Penanganan Bencana Longsor di Desa Kaliori Diperkirakan Selesai Empat Hari

Penanganan Bencana Longsor di Desa Kaliori Diperkirakan Selesai Empat Hari

BERSIH-BERSIH: Tim SAR BPBD dan relawan dibantu warga dengan melakukan penanganan bencana longsor di Desa Kaliori.-BPBD PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun 1 Sawangan, Desa Kaliori, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten PURBALINGGA mengakibatkan kerugian material Rp 21 juta.

Kerugian material dialami oleh pemilik rumah, yang terdampak bencana tanah longsor, yang terjadi Minggu, 14 April 2024 sore tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga Prayitno mengatakan, bencana tanah longsor mengakibatkan 3 rumah warga rusak tertimpa material longsor dan 1 rumah warga terancam.

"Dengan total warga terdampak 4 KK dengan 14 jiwa. Warga terdampak terpaksa mengungsi ke Ke rumah saudara yang lebih aman, karena masih rawan terjadi longsor," katanya, Selasa, 16 April 2024.

BACA JUGA:Seluruh Korban Kecelakaan di Km 58 Teridentifikasi Diberi Santunan

BACA JUGA:Lebaran, Belasan Puskesmas Nyaris Tanpa Libur

Dijelaskan, kerugian material warga terbesar dialami oleh Mirin (34), warga RT 2 RW 1, dengan kerugian Rp 10 juta. Ruang tamu rumah miliknya dengan ukuran 4 x 5 meter dan kamar ukuran 3 x 3 meter rusak tertimpa pohon.

Dapur rumah ukuran 3 x 2,5 meter dan dinding dapur ukuran 2,5 x 4 meter milik Rido Trimantono (26), warga RT 2 RW 1 roboh. Korban mengalami kerugian material Rp 5 juta.

Dinding ruang keluarga dengan ukuran 5 x 3 meter milik Sator (54), warga RT 21 RW 5 roboh. Korban mengalami kerugian Rp 5 juta.

Sedangkan, rumah milik Wartono (40), warga RT 2 RW 1 mengalami kerusakan dengan kerugian material Rp 1 juta.

BACA JUGA:SPPT 2024 Mulai di Distribusikan, Pemdes Harus Pilah Lagi

BACA JUGA:Libur Lebaran Picu Volume Sampah, Naik 7 Ton Sehari

Selain itu, bencana tanah longsor juga mengakibatkan terputusnya jalan penghubung  Dusun 1 ke Dusun 5 sepanjang 100 meter. Karena tertimbun material longsor dengan ketinggian bervariasi dari 2 meter hingga 20 meter. Sehingga, jalan desa tidak bisa dilalui.

Jaringan listrik padam di 2 Dusun dikarenakan 3 tiang jaringan listrik roboh dan rusak berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: