Libur Lebaran Picu Volume Sampah, Naik 7 Ton Sehari

Libur Lebaran Picu Volume Sampah, Naik 7 Ton Sehari

TEMPAT SAMPAH: Salah satu tempat sampah milik DLH di kota untuk meminimalkan pembuangan sampah sembarangan.-Dok Amarullah Nurcahyo/Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten PURBALINGGA mengakui jika selama libur lebaran, ada kenaikan volume sampah yang diangkut armadanya. Tercatat ada kenaikan sampah rumahtangga selama libur lebaran dengan kisaran 7 ton dalam sehari.

Kepala DLH Kabupaten Purbalingga, Bambang Triono melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3, dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, M Nurdin Luthofa, Senin 15 April 2024 mengungkapkan, kenaikan signifikan terlihat karena banyaknya aktifitas masyarakat, penambahan konsumsi pemudik dan memicu timbulan sampah di beberapa lokasi.

"Timbulan artinya lokasi yang tadinya normal sampahnya, meningkat karena momen mudik lebaran," katanya.

Kenaikan volume sampah bisa mencapai maksimal tambah dua kontainer. Satu kontainer mampu isi 3,5 ton sampah. Banyaknya pemudik yang tinggal di Purbalingga dalam waktu tertentu untuk liburan sangat berpengaruh.

BACA JUGA:Antrean Mengular Penumpang Bus di Terminal Bulupitu Purwokerto Terlantar

BACA JUGA:Arus Balik, Purbalingga-Bobotsari Harus Ditempuh 1 Jam

Dibanding hari biasa,  dalam sehari 12 dump truk volume sampah yang dihasilkan mencapai  angka itu. Namun kenaikan ini tidak berlangsung lama, karena berangsur normal saat pemudik kembali ke luar kota.

"Peningkatan volume sebenarnya terlihat menyeluruh. Bahkan nantinya di obyek wisata juga ikut naik. Karenanya, kami terus maksimalkan penanganan sampah sejak dini secara komperehensif,” tegasnya.

Saat ini selama libur lebaran ada lebih dari 12 armada truk dikerahkan untuk mengangkut sampah-sampah di wilayah Kabupaten Purbalingga. Jika hari biasa normal maksimal 12 truk.

"Ada yang sehari dua kali dan satu kali kirim ke tempat pemrosesan akhir (TPA) Sampah Kalipancur, Desa Bedagas, Kecamatan Pengadegan," rincinya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: