PAHAMI! Hal yang Dilarang saat Berkendara Menggunakan Motor Listrik

PAHAMI! Hal yang Dilarang saat Berkendara Menggunakan Motor Listrik

PAHAMI! Hal yang Dilarang saat Berkendara Menggunakan Motor Listrik-alvamotor-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hal yang dilarang saat berkendara menggunakan motor listrik menjadi penting bagi Anda, agar dapat menikmati pengalaman berkendara yang aman, nyaman, dan optimal.

motor listrik semakin diminati sebagai solusi transportasi masa depan. Keunggulannya dalam hal ramah lingkungan, hemat biaya, dan perawatan yang mudah menjadi daya tarik tersendiri.

Namun sama seperti kendaraan lainnya motor listrik memiliki "aturan tak tertulis", yang perlu dipatuhi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara. Mari bahas lebih dalam hal yang dilarang saat menggunakan motor listrik agar perjalanan Anda senantiasa menyenangkan.

1. Melampaui Batas Kecepatan dan Berkendara Ugal-ugalan

Motor listrik umumnya memiliki kecepatan maksimal yang lebih rendah dibanding motor bensin, hal ini dikarenakan faktor keamanan dan kemampuan baterai. Melampaui Batas Kecepatan dapat membuat pengendara kehilangan kendali, terutama saat menikung atau menghadapi jalanan licin.

BACA JUGA:KEREN NIH ! 7 Rekomendasi Motor Listrik Balap yang Sangat Cepat

BACA JUGA:Baterai Motor Listrik Didaur Ulang? BISA ATAU TIDAK

Selain itu berkendara ugal-ugalan seperti zig-zag, mendahului kendaraan lain secara berbahaya. Dan tidak menggunakan lampu sein bisa berujung pada kecelakaan, termasuk ke dalam hal yang dilarang saat berkendara menggunakan motor listrik.

Selalu patuhi batas kecepatan yang tertera di jalan, dan hormati hak pengguna jalan lainnya. Ingat jalan raya adalah ruang publik yang perlu kita jaga bersama.

2. Membawa Beban Berlebihan

Motor listrik memiliki daya angkut yang terbatas. Membawa penumpang atau barang melebihi kapasitas dapat membuat motor tidak stabil, dan berisiko terbalik terutama saat bermanuver atau mengerem mendadak.

Perhatikan bobot ideal yang dapat ditopang motor listrik Anda, dan jangan memaksakan melebihi batas tersebut. Selain itu perlu diingat bahwa bagasi motor listrik umumnya berukuran lebih kecil, dibanding motor bensin.

BACA JUGA:5 Manfaat Mendaur Ulang Baterai Motor Listrik

BACA JUGA:Tips Memilih Cat Body Motor Listrik, Bikin Motor Jadi Keren dan Estetik

Hindari memasukkan barang bawaan yang terlalu besar atau melebihi kapasitas bagasi. Barang yang tidak tersimpan dengan baik dapat mengganggu keseimbangan motor, dan berpotensi terjatuh ke jalan membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

3. Tidak Menggunakan Helm dan Perlengkapan Keselamatan

Meskipun motor listrik umumnya memiliki kecepatan yang lebih rendah dibanding motor bensin, tetap penting untuk menggunakan helm dan Perlengkapan Keselamatan lainnya. Helm yang baik dapat melindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan.

Selain helm Perlengkapan Keselamatan lainnya yang direkomendasikan adalah jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu yang tertutup. Pakaian dan sepatu yang tepat dapat melindungi tubuh, dari lecet atau luka parah saat terjatuh.

4. Bermain Ponsel atau Melakukan Aktivitas Lain yang Mengalihkan Fokus

Konsentrasi penuh pada jalan saat berkendara mutlak diperlukan, untuk mengantisipasi situasi yang tidak terduga. Hindari Bermain Ponsel, membaca pesan teks, atau melakukan aktivitas lain yang dapat mengganggu fokus selama berkendara.

BACA JUGA:Mau Mudik? Inilah Komponen Motor Listrik yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Lebaran

BACA JUGA:CATAT! Inilah Cara Mencegah Baterai Motor Listrik Agar Tidak Boros

Ini merupakan hal yang dilarang saat berkendara menggunakan motor listrik, karena dapat berpotensi bahaya akbiat dari kelalaian sesaat.

5. Mengemudi dalam Kondisi Mabuk atau Mengonsumsi Obat Terlarang

Mengemudikan motor listrik dalam kondisi mabuk, atau di bawah pengaruh obat-obatan terlarang sangat berbahaya. Alkohol dan obat-obatan dapat mengganggu keseimbangan, kesadaran, dan waktu reaksi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: