Pengamanan Arus Mudik di Banyumas, Polresta Siagakan Ratusan Personil dan Siapkan Tim Urai Kemacetan

Pengamanan Arus Mudik di Banyumas, Polresta Siagakan Ratusan Personil dan Siapkan Tim Urai Kemacetan

Apel Operasi Ketupat Candi digelar Kamis pagi (4/4/2024). Di area GOR Satria Purwokerto. Ratusan Personel gabungan disiagakan sambut mudik 2024.-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Menghadapi arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. Polresta Banyumas menyiagakan ratusan personil dan akan disebar di sejumlah posko pengamanan selama operasi ketupat candi 2024.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu mengatakan, dari gelar pasukan yang dilakukan hari ini di GOR Satria. Dipastikan TNI, Polri, Pemda, dan Mitra Kamtibmas di Banyumas siap untuk melaksakan operasi ketupat candi 2024.

"Ada 4 pos, pertama pos sinergitas TNI Polri beserta Pemda itu ada di Alun-Alun Purwokerto," kata Kapolresta. 

BACA JUGA:Curah Hujan Tinggi, Tebing Setinggi 10 Meter Longsor hingga Tutup Akses Jalan Majenang - Bener

Lalu 3 pos terpadu, yaitu di Ajibarang, Kemranjen dan Sumpiuh. 

"Sehingga masyarakat yang nantinya mudik, dari pintu tol Brebes yang mau nenggunakan jalur selatan-selatan. Kita mengamankan mulai dari Ajibarang, disitu ada pos terpadu Ajibarang, kemudian pos terpadu Kemranjen dan pos terpadu Sumpiuh," lanjutnya. 

Dan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus dan kemacetan, dijelaskan, telah disiapkan sejumlah skenario. 

BACA JUGA:Hujan Deras dan Selokan Meluap, Ruang Perawatan RSU Nirmala Purbalingga Tergenang Air

"Tentu kami menyiapkan skenario-skenario apabila terjadi kepadatan lalu lintas, kami menyiapkan beberapa tim. Tim pengurai kemacetan, 20 tim strong point, yang nantinya semua akan kita berdayakan di titik-titik yang mengalami kebangkitan arus atau kepadatan," jelas Kapolresta. 

Termasuk memonitor CCTV secara online arus mudik dari Jakarta hingga tiba di Brebes. 

"Memonitor baik itu dari Jakarta kemudian masuknya di brebes itu jam berapa, dan mungkin nanti dari brebes ada yang di pecah ke Slawi kemudian ada juga yang nanti terus sampai ke Pekuncen, ini kita monitor. Namun perkiraan kami tanggal 7 dan 8 (puncaknya, red)," bebernya. 

BACA JUGA:Masyarakat Cilacap Diminta Waspada Hujan Lebat saat Musim Pancaroba

Terkait titik rawan kepadatan dan kemacetan, diantisipasi 6 titik

"Titik rawan macet yang pertama apabila nanti misalnya pada saat mudik tentu Ajibarang, dalam kota sendiri (Purwokerto,red), Kaliori, Sokaraja, termasuk juga di Rawalo dan Patikraja. Tetapi ini bukan macet ya tapi imi titik rawan kepadatan, jadi tidak ada titik macet (di Banyumas, red) karena kalau macet itu kan stak, kendaraan tidak bisa jalan," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: