Cara yang Benar Merawat Baterai Motor Listrik Agar Awet

Cara yang Benar Merawat Baterai Motor Listrik Agar Awet

Informasi tentang perawatan untuk memperpanjang umur baterai sepeda motor listrik selama digunakan-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pelajari cara merawat baterai motor listrik Anda dengan benar. Penggunaan baterai pada sepeda motor listrik tentunya akan memperpendek umur baterai itu sendiri.

Baterai motor listrik adalah komponen utama kendaraan listrik yang menyimpan dan menyuplai energi listrik untuk menggerakkan motor listrik.

Baterai ini berfungsi sebagai sumber tenaga utama untuk menggerakkan mesin, sehingga kendaraan listrik dapat berjalan tanpa menggunakan bahan bakar tradisional.

Baterai sepeda motor listrik biasanya menggunakan sel baterai yang dapat diisi ulang, seperti sel baterai litium-ion atau litium-polimer.

BACA JUGA:Perbandingan Biaya Pengeluaran Motor Listrik dengan Motor Bensin

BACA JUGA:Inilah Cara Kerja Mesin Motor Listrik

Cara Merawat Baterai Motor Listrik

Teknologi baterai ini dipilih karena kapasitas energinya yang tinggi, bobotnya yang relatif rendah, dan kemampuannya menyimpan energi dalam bentuk listrik untuk digunakan berulang kali.

Pada kendaraan listrik, baterai ini ditempatkan di dalam atau di bawah struktur kendaraan dan seringkali terdiri dari beberapa modul baterai atau sel yang dihubungkan secara seri, atau paralel untuk mencapai kapasitas energi yang diinginkan.

Berbeda dengan sepeda motor tradisional, kapasitas baterai diukur dalam kilowatt-jam (kWh). Ketika motor listrik membutuhkan tenaga, baterai mengirimkan arus ke motor untuk menggerakkan roda kendaraan.

BACA JUGA:Inilah Alasan Dealer Jarang Menjual Motor Listrik Second

BACA JUGA:PENTING ! Inilah 8 Fungsi Komponen yang Ada di Motor Listrik

Jika baterai kehilangan daya, Anda harus mengisi daya kendaraan menggunakan sumber daya eksternal, seperti stasiun pengisian daya atau stopkontak listrik rumah tangga.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara merawat baterai sepeda motor listrik yang baik dan benar, seperti di bawah ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: