Waspada Cuaca Buruk di Cilacap Pekan Ini

Waspada Cuaca Buruk di Cilacap Pekan Ini

Cuaca mendung terlihat di langit Cilacap.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Masyarakat di wilayah Cilacap dan sekitarnya diminta untuk waspada adanya peningkatan potensi curah hujan pada pekan ini. 

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan, berdasarkan prakiraan BMKG, pada pekan ini terdapat beberapa fenomena dinamika atmosfer yang dapat memicu peningkatan potensi hujan lebat.

"Potensi ini berpeluang di beberapa wilayah Cilacap dan sekitarnya," katanya.

Menurutnya, terdapat dinamika atmosfer yakni aktifnya gelombang rosbby ekuator, pola belokan angin masih terlihat dominan untuk wilayah pulau Jawa termasuk Jawa Tengah. Serta labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jawa Tengah.

BACA JUGA:Pembangunan Flyover Kroya Terhambat Proses Pengadaan Lahan

BACA JUGA:Tidak Ada Pembatasan Angkutan Barang di Cilacap saat Mudik Lebaran 2024

Pihaknya mengimbau agar masyarakat waspada dan menghindari lokasi yang berpotensi mengalami bencana hidrometeorologi, terutama pada saat dan setelah hujan.

"Pemerintah juga dimohon untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan BMKG setempat dan pihak-pihak terkait, sebagai upaya antisipasi dan mitigasi dampak hujan lebat atau cuaca ekstrem," katanya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: