PENTING! Cara Membedakan Sparepart Motor Listrik yang Asli dan Palsu

PENTING! Cara Membedakan Sparepart Motor Listrik yang Asli dan Palsu

Cara membedakan sparepart motor listrik yang asli dan palsu-AutoFun-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Cara membedakan sparepart motor listrik yang asli dan palsu sebenarnya hal yang mudah. Namun, dibutuhkan kehati-hatian dan pengetahuan untuk dapat melakukannya dengan tepat.

Saat ini, ketersediaan sparepart motor listrik semakin meluas. Namun demikian, Anda perlu berhati-hati karena tidak semua sparepart yang dijual adalah asli.

Penting untuk dapat membedakan antara sparepart motor listrik yang asli dan palsu, karena penggunaan sparepart palsu dapat mengancam keamanan dan performa kendaraan Anda. Bagimana caranya? Ini langkah yang bisa Anda terapkan. 

1. Periksa Kondisi Sparepart dan Kemasannya

Bagian pertama yang perlu diperhatikan dari suku cadang motor listrik yang asli adalah kondisinya serta kemasannya. Pabrik suku cadang palsu seringkali berupaya untuk membuat atau mengemas produk mereka sedemikian rupa sehingga terlihat sangat mirip dengan yang asli.

BACA JUGA:Ternyata ini Sparepart Mahal dari Motor Listrik, Mengenal Komponen Utama dan Solusi Terbaik

BACA JUGA:4 Cara Merawat Motor Listrik Bagi Pemula, Isi Daya Baterai dengan Langkah yang Tepat

Namun sebagai konsumen, penting untuk tidak terjebak dalam penipuan ketika menemukan suku cadang dengan kemasan yang sudah terbuka. Pastikan bahwa kemasannya masih dalam keadaan baik, tidak rusak, dan belum pernah dibuka sebelumnya untuk memastikan keasliannya.

Selain memperhatikan kemasan, disarankan bagi konsumen untuk membeli suku cadang dari tempat yang terpercaya atau yang memiliki kerja sama dengan Agen Pemegang Merk (APM). Tindakan ini akan memberikan keyakinan bahwa suku cadang motor listrik yang dibeli adalah asli dan memiliki kualitas yang baik.

2. Periksa Stiker Barcode

Cara membedakan sparepart motor listrik yang asli dan palsu bisa diketahui dari barcode yang tertera pada kemasannya. Stiker barcode yang asli akan terpasang dengan rapi dan terlihat dalam kondisi baik, tidak ada tanda-tanda kerusakan seperti sobek atau coretan yang membuat tulisan menjadi tidak jelas.

Barcode pada sparepart motor listrik yang asli biasanya sesuai dengan produk suku cadang yang bersangkutan. Sebagai contoh, produk suku cadang Honda Genuine Part (HGP) yang dikeluarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki barcode yang tercetak dalam bentuk 2 dimensi, dan tidak dicetak langsung pada kemasan.

BACA JUGA:4 Cara Merawat Motor Listrik Bagi Pemula, Isi Daya Baterai dengan Langkah yang Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: