Usulan Perwajahan Perkotaan Sumpiuh dari Arah Barat Agar Lebih Diperhatikan

Usulan Perwajahan Perkotaan Sumpiuh dari Arah Barat Agar Lebih Diperhatikan

Seseorang menuntun sepeda ontelnya melintasi Taman Kota Sumpiuh, Senin (25/3/2024). Taman yang berada di Kelurahan Kebokura itu merupakan fasilitas publik di wajah kawasan perkotaan Sumpiuh dari arah barat.-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kelurahan Kebokura dari arah barat merupakan pintu masuk ke wilayah Kecamatan Sumpiuh. Sehingga keberadaannya menjadi wajah Sumpiuh.

"Kelurahan Kebokura dari arah barat jelas menjadi mukanya Sumpiuh. Dengan adanya penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Sumpiuh, maka lebih mendapat perhatian dari pemkab," ujar Lurah Kebokura, Umi Sangadah.

Oleh karena itu, diperlukan penanda untuk menegaskan bahwa telah memasuki kawasan perkotaan Sumpiuh pada wajah dari arah barat. Agar terlihat perubahan dan perbedaan setelah nanti menjadi kawasan perkotaan.

Sementara itu, di wajah kawasan perkotaan Sumpiuh dari arah barat terdapat Taman Kota Sumpiuh. Sampai saat ini masih terdapat ganjalan terutama ketika musim penghujan.

BACA JUGA:DLH Temukan Lampu Mati dan Hilang di Taman Kota Sumpiuh

BACA JUGA:Minim Fasilitas, Taman Kota Ajibarang Banyumas Disorot

Lokasi Taman Kota Sumpiuh berada di bawah jalan raya. Ketika intensitas hujan tinggi muncul permasalahan yang perlu dicari solusinya. Agar ruang terbuka hijau itu tidak tergenang banjir.

"Air hujan masuk ke dalam Taman Kota Sumpiuh, menimbulkan genangan," imbuh Umi.

Di Taman Kota Sumpiuh juga menjadi tempat untuk mencari nafkah bagi para pedagang kaki lima. Terutama pada malam Minggu ada sekira 50 orang.

Dengan demikian, ketika masalah genangan air terdampak hujan teratasi. Pedagang dan pengunjung Taman Kota Sumpiuh bisa lebih nyaman beraktivitas di musim penghujan.

Kelurahan Kebokura masuk dalam daftar delapan desa/kelurahan delineasi wilayah perencanaan penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Sumpiuh tahun anggaran 2024. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: