Manfaat Tidur dengan Lampu Mati Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Manfaat Tidur dengan Lampu Mati Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Berbagai manfaat positif tidur dengan mematikan lampu kamar yang ternyata baik untuk kesehatan mental.-Fahma Ardiana-

 

Dalam suasana gelap, tubuh menjadi lebih responsif dan memasuki tahap tidur lebih nyenyak.

2. Mengurangi risiko gangguan metabolisme

Penelitian menunjukkan bahwa tidur di ruangan gelap dapat membantu mengatur metabolisme tubuh Anda. Ini melibatkan produksi melatonin, yang mencapai puncaknya saat kegelapan, dan terlibat dalam pengaturan hormon yang berperan dalam mengatur berat badan dan metabolisme.

3. Menjaga Kesehatan Jiwa

BACA JUGA:Manfaat Kiwi yang Ternyata Mampu Meningkatkan Kesehatan Mental

BACA JUGA:Manfaat Mengonsumsi Matcha untuk Kesehatan Mental

 

 

Ruangan yang gelap mendatangkan ketenangan dan kenyamanan, mengurangi stres dan kecemasan. Tidur dalam suasana damai memungkinkan pikiran Anda beristirahat lebih baik dan meningkatkan kesehatan mental Anda secara keseluruhan.

4. Melindungi kesehatan mata

Mengurangi paparan cahaya pada malam hari, terutama sinar biru dari perangkat elektronik, dapat melindungi kesehatan mata Anda. Cahaya biru dapat menstimulasi otak dan membuatnya tetap aktif, sehingga ruangan yang gelap dapat membantu mempersiapkan tubuh Anda untuk istirahat yang optimal.

5. Meningkatkan Produksi Hormon Pertumbuhan

Tidur dalam keadaan gelap merangsang kelenjar pineal untuk meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan ini sangat penting untuk pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Memperhatikan kualitas tidur Anda, termasuk lingkungan tidur yang baik, dapat berdampak besar pada kesehatan dan kesejahteraan Anda. Jangan ragu untuk menciptakan suasana kamar tidur yang gelap dan nyaman untuk menunjang tidur malam yang nyenyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: