5 Masalah Kesehatan Mental yang Dialami Remaja

5 Masalah Kesehatan Mental yang Dialami Remaja

Kumpulan Masalah Kesehatan Mental yang Dialami Remaja-Pinterest -

Remaja juga rentan terhadap gangguan kepribadian, meskipun diagnosis umumnya lebih sulit dilakukan pada usia ini karena masih dalam masa perkembangan yang dinamis.

Remaja dengan gangguan kepribadian sering mengalami kesulitan dalam menjaga hubungan yang stabil, merasa puas dengan diri mereka sendiri, dan berfungsi secara efektif dalam kehidupan sehari-hari. 

Pengobatan untuk gangguan kepribadian biasanya melibatkan terapi psikologis jangka panjang, seperti terapi dialektikal perilaku (DBT) untuk BPD atau terapi kognitif perilaku (CBT) untuk gangguan kepribadian lainnya.

5. Stres 

Stres adalah bagian alami dari kehidupan remaja, tetapi tekanan yang berlebihan dan berkelanjutan dapat berdampak negatif pada kesehatan mental mereka. 

Remaja sering menghadapi berbagai jenis tekanan, seperti tekanan akademis, sosial, dan keluarga, yang dapat memicu stres yang signifikan.

Tetapi, Stres yang berkelanjutan dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik remaja, seperti kecemasan, depresi, gangguan tidur, masalah pencernaan, dan penurunan kualitas hidup secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres, seperti olahraga, meditasi, journaling, dan mencari dukungan dari orang tua, teman sebaya, atau bahkan psikologi.

BACA JUGA:5 Terapi Paling Ampuh untuk Pemulihan Gangguan Kesehatan Mental, Menggali Solusi yang Efektif

BACA JUGA:Masalah Gangguan Kesehatan Mental yang Dialami Orang Introvert

Penting bagi orang tua, pendidik, dan semua orang terdekat untuk lebih memperhatikan dan memahami masalah kesehatan mental yang dialami oleh remaja. 

Dengan mendukung mereka dengan cara yang positif dan memfasilitasi akses mereka ke layanan kesehatan mental dapat membantu mengurangi dampak negatif dan meningkatkan kesehatan mental mereka. (dda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: