Ramadan Lebih Terasa

Ramadan Lebih Terasa

Oleh: Ayi Istiana SPd I, Guru SD UMP--

Oleh: Ayi Istiana SPd I 

Guru SD UMP

 

Fajar Ramadan telah hadir. Bulan telah berganti. Ramadan telah dinanti. Selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu. Sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. 

Bulan Ramadan, bulan suci umat Islam, memiliki banyak keistimewaan yang membuatnya spesial. Suasana spiritual yang kental adalah salah satu hal uniknya. Umat Muslim dengan antusias menjalankan ibadah puasa, salat tarawih, dan meningkatkan amal ibadah mereka di bulan yang penuh berkah ini.

Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Saat memasuki bulan suci ini, semua merasakan keistimewaan yang tak tergantikan. 

Setiap harinya diisi dengan kesabaran, kebaikan, dan ketulusan dalam setiap tindakan yang dilakukan. Puasa yang kita laksanakan tidak hanya sekadar menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan diri dari godaan dunia yang sering menghambat dalam mencapai kebahagiaan sejati. 

Dalam menjalani ibadah puasa, tidak hanya meningkatkan ketaatan kepada Allah, tetapi juga memperdalam hubungan spiritual dengan-Nya. Saat menahan diri dari makanan dan minuman, tentu akan lebih mudah merasakan kehadiran-Nya dalam setiap langkah hidup yang dijalani. 

Dengan menjadikan puasa sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, setiap insan akan merasakan kehangatan kasih-Nya yang tiada tara.

Tak hanya itu, Ramadan juga merupakan waktu yang tepat untuk memperdalam hubungan dengan sesama manusia. Melalui berbagi, tolong-menolong, dan memberikan dukungan kepada yang membutuhkan, memperkuat tali persaudaraan sesama umat manusia. 

Belajar untuk menjadi lebih empati dan peduli terhadap kondisi sesama, menjadikan hidup lebih manusiawi dalam interaksi sosial. Dengan memanfaatkan setiap momen di bulan suci ini untuk berbuat kebaikan dan meningkatkan kualitas ibadah, akan merasakan kehadiran Allah yang lebih kuat dalam setiap aspek kehidupan. 

Kehadiran-Nya yang maha kuasa membawa berkah yang melimpah, menyinari setiap langkah dalam perjalanan menuju kebaikan dan kesempurnaan. Oleh karena itu, mari manfaatkan sepenuhnya setiap detik Ramadhan dengan penuh kesabaran, kebaikan, dan ketulusan, agar kita dapat meraih keberkahan yang tiada tara dari-Nya.

Kesuksesan Ramadan tergantung pada kesungguhan kita dalam menjalankan semua amal kebaikan hingga akhir bulan. Malam Lailatul Qadar yang mulia memberikan motivasi tambahan untuk meningkatkan semangat beribadah. Semoga Allah SWTmemberikan kemudahan dan kekuatan kepada kita semua. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: