Mending Matic atau Manual? Ini Rahasia Penting yang Jarang Diketahui Saat Beli Mobil
Mending Matic atau Manual, Ini Rahasia Penting yang Jarang Diketahui Saat Beli Mobil--
Berikut adalah beberapa kelemahan yang sering dikeluhkan oleh pemilik mobil matic.
- Perawatan Mahal
- Oli transmisi bisa butuh 10–12 liter.
- Harga oli lebih mahal, bisa mencapai satu jutaan lebih untuk satu kali ganti.
- Sistem transmisi matic lebih kompleks dan sensitif.
- Bisa Boros BBM (tergantung tipe)
Meski teknologi matic kini semakin hemat, model lama masih cenderung boros dibandingkan manual.
- Perlu Perawatan Ekstra
Kesalahan penggunaan seperti memindah tuas saat mobil masih bergerak atau tidak mengganti oli tepat waktu bisa menyebabkan kerusakan serius.
BACA JUGA:Ini Simulasi Kredit Mobil Bekas Harga Rp 50 Juta, Angsuran Cuma Rp 1 juta!
BACA JUGA: Otospector Bantu Pebisnis Travel Pilih Mobil Bekas yang Aman dan Siap Pakai
Mana yang Lebih Awet?
Keawetan mobil menjadi faktor penting dalam pengambilan keputusan pembelian. Banyak calon pembeli mempertimbangkan aspek ini untuk memastikan investasi jangka panjang yang aman.
Mari kita ulas bagaimana ketahanan antara mobil manual dan matic dalam pemakaian jangka panjang.
Secara teori, mobil manual lebih tahan lama karena komponennya sederhana dan tidak terlalu sensitif. Namun, mobil matic juga bisa sangat awet asal digunakan dan dirawat dengan benar.
Banyak mobil matic bisa bertahan lebih dari 10 tahun tanpa masalah besar jika mengikuti prosedur perawatan secara rutin.
BACA JUGA:10 Tips Jitu Beli Mobil Bekas, Biar Nggak Tertipu Tampilan Mulus!
BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! Gunakan Otospector untuk Inspeksi Mobil Bekas Anda
Tren Masa Depan: Matic Mendominasi
Dunia otomotif terus berkembang, dan transmisi otomatis kini memimpin tren global. Dengan kemajuan teknologi yang terus didorong oleh produsen besar, mobil matic kini hadir dengan efisiensi yang semakin baik, bahkan di segmen low budget.
Ini menandakan bahwa dominasi mobil matic kemungkinan besar akan terus meningkat di masa depan.
Jika melihat perkembangan sepeda motor, motor manual kini sudah hampir ditinggalkan dan digantikan oleh matic. Hal yang sama mulai terjadi pada mobil.
Dengan peningkatan teknologi matic (CVT, DCT, AT, dll) yang makin halus dan efisien, transmisi otomatis akan menjadi standar ke depan.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


