4 Kesalahan Pengendara Motor Matic yang Malah Bikin Boros Bensin
Beberapa kesalahan pengendara sepeda motor matic yang sering membuat efisiensi bahan bakar terbuang sia-sia sehingga sepeda motor matic menjadi boros bensin.-Fahma Ardiana-
Mengendarai sepeda motor bertransmisi matic boros bahan bakar dan suku cadang cepat aus sehingga perlu diganti. Apa kesalahannya?
BACA JUGA:Mengunci Stang Saja Tidak Cukup! Inilah 5 Cara Agar Motor Matic Aman dari Pencurian
BACA JUGA:Waspada! Penyebab Motor Matic Turun Mesin yang Wajib Diketahui Pengendara
Jika bisa mengubah cara berkendara, hal ini terutama berlaku bagi mereka yang biasa mengendarai sepeda motor dengan transmisi manual kemudian terbiasa menggunakan sepeda motor matic transmisi otomatis.
Kesalahan yang umum terjadi adalah membuka dan menutup throttle terlalu cepat dimana hal ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar semakin terbuang.
Sepeda motor matic umumnya lebih boros dibandingkan sepeda motor bertransmisi manual. Sebaiknya buka dan tutup throttle secara perlahan dan tidak tersentak-sentak seperti pada mobil manual.
Seringnya membuka dan menutup throttle tidak hanya memboroskan bensin tetapi juga memperpendek umur bantalan rem sepeda motor matic Anda.
BACA JUGA:Cara Merawat Karburator Motor Matic Honda Beat untuk Kinerja yang Optimal
BACA JUGA:7 Pilihan Motor Matic yang Cocok Untuk Anak Muda, STYLISH dan TRENDY
Sepeda motor matic hanya bisa dihentikan dengan menarik tuas rem, sehingga jika berkendara terlalu kencang maka kampas rem akan lebih cepat aus.
3. Posisi tangan pada rem
Selain itu, kebiasaan meletakkan jari pada tuas rem sepeda motor matic juga dapat menyebabkan terbuangnya bensin dan memperpendek umur suku cadang.
Mengerem secara tidak sengaja saat mengemudi secara otonom memberikan beban berat pada mesin dan membuang-buang bensin. Selain itu, komponen CVT dan kampas rem juga bisa lebih cepat aus.
4. Minim Perawatan
Sepeda motor matic yang hanya membutuhkan sedikit perawatan juga boros bahan bakar.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


