Banner v.2
Banner v.1

Performa Mitsubishi Destinator Dibongkar! Ternyata Mesinnya Punya Tenaga Mengejutkan

Performa Mitsubishi Destinator Dibongkar! Ternyata Mesinnya Punya Tenaga Mengejutkan

Di balik desain modernnya, Mitsubishi Destinator ternyata menyimpan mesin yang cukup “galak” untuk ukuran MPV keluarga--

RADARBANYUMAS.CO.ID - Mitsubishi Destinator adalah SUV keluarga 7-penumpang yang dirancang untuk memberikan kombinasi menarik antara kenyamanan, teknologi, dan performa. Di balik desain modernnya, mobil ini ternyata menyimpan mesin yang cukup “galak” untuk ukuran MPV keluarga. Mari kita kupas performa mesin dan karakter berkendara Destinator dari berbagai sudut.

1. Mesin Turbo 1.5 Liter yang Kuat

Destinator dibekali dengan mesin 1.5L turbocharged, yang menjadi jantung dari performa mobil ini. Mesin ini menggunakan teknologi generasi kedua dari kode 4B40 Mitsubishi, melahirkan tenaga maksimal hingga 163 PS (menurut sumber resmi Mitsubishi). Selain itu, torsi puncaknya mencapai 250 Nm, tersedia di rentang putaran mesin 2.500 sampai 4.000 rpm.

2. Transmisi CVT & Mode Berkendara

Mitsubishi memilih transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) untuk Destinator, agar akselerasi terasa halus dan efisien. Menariknya, mobil ini punya 5 mode berkendara: Normal, Wet, Gravel, Tarmac, dan Mud. Mode-mode tersebut memungkinkan pengemudi menyesuaikan karakter mobil dengan kondisi jalan — entah itu di jalan kota aspal mulus atau lintasan tanah bergelombang.

3. Rangka Monocoque & Ground Clearance Tinggi

Alih-alih menggunakan rangka ladder-frame seperti banyak SUV besar, Destinator mengusung struktur monocoque untuk memberi kenyamanan lebih baik dan handling yang stabil. Ditambah lagi, ground clearance mobil ini sangat tinggi, yakni sekitar 244 mm, yang membuatnya sangat tangguh melewati jalanan rusak, genangan air, atau kontur jalan menantang.

BACA JUGA:Bawa Pulang SUV Premium dengan Cicilan dari Rp5 Jutaan, Cek Simulasi Kredit Mitsubishi Destinator di BSI OTO

4. Performanya di Jalan Sehari-hari

Dengan torsi besar di rpm rendah-menengah, Destinator punya respons baik saat menyalip atau membawa beban penuh (misalnya 7 penumpang). Mesin turbo juga menjamin tenaga instan tanpa terasa “lemot di bawah”, sambil menjaga efisiensi bahan bakar ketika dikendarai normal. Karena transmisi CVT dan mode berkendara yang fleksibel, pengemudi bisa menyesuaikan karakter mobil sesuai kebutuhan — mengutamakan konsumsi atau performa agresif.

5. Catatan Potensial & Tantangan

Meskipun performanya menjanjikan, mesin turbo memang bisa memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dibanding mesin naturally aspirated, apalagi kalau sering dipakai dalam mode agresif. Selain itu, perawatan mesin turbo dan CVT bisa lebih kompleks atau mahal, terutama dalam jangka panjang. Calon pembeli harus mempertimbangkan biaya servis dan efisiensi bahan bakar sebelum memilih varian yang bertenaga.

BACA JUGA:Begini Perbedaan Mobil Mitsubishi Destinator Dengan Toyota Innova Zenix!

Mitsubishi Destinator bukan sekadar SUV keluarga biasa — mesin 1.5L turbo dengan torsi besar, transmisi CVT, dan mode berkendara membuatnya punya performa yang mengejutkan untuk ukuran MPV. Dengan ground clearance tinggi dan struktur rangka monocoque, mobil ini sangat cocok untuk keluarga aktif yang butuh fleksibilitas dan power sekaligus. Meski begitu, calon pemilik tetap harus memperhitungkan konsumsi bahan bakar dan biaya perawatan mesin turbo. Jika kedua hal itu tidak jadi penghalang, Destinator bisa jadi pilihan luar biasa untuk mobil keluarga modern.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: