Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan untuk Masa Depan yang Lebih Baik Bagi Siswa SMK Melalui Edupreneurship
Jiwa kewirausahaan mendorong siswa untuk mandiri secara finansial dan tidak bergantung pada pekerjaan formal, Sabtu (16/11/2024).-FITRIYANTO UNTUK RADARMAS-
Menumbuhkan jiwa kewirausahaan juga berarti mengajarkan siswa untuk berani mengambil risiko dan menghadapi kegagalan. Pendidikan karakter yang mendorong mental tangguh dan sikap pantang menyerah perlu dikembangkan. Sekolah dapat memberikan penekanan bahwa kegagalan adalah bagian dari proses pembelajaran yang penting dan bisa menjadi batu loncatan menuju kesuksesan.
6. Pendampingan dan Mentoring oleh Wirausahawan
Melibatkan wirausahawan sukses sebagai mentor bagi siswa SMK dapat memberikan inspirasi dan panduan praktis tentang kewirausahaan. Mentor ini dapat memberikan arahan, membantu mengembangkan keterampilan siswa, dan memberikan dukungan moral dalam menghadapi tantangan.
7. Membangun Ekosistem Kewirausahaan yang Mendukung di Lingkungan Sekolah
Sekolah harus menciptakan ekosistem kewirausahaan yang mendukung, misalnya dengan adanya bazaar atau pameran kewirausahaan di sekolah, kompetisi bisnis, serta menyediakan tempat bagi siswa untuk mencoba menjual produk atau jasa mereka. Ekosistem ini akan memfasilitasi siswa dalam mempraktikkan teori yang mereka pelajari dan memberikan mereka pengalaman langsung.
Kesimpulan
Menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa SMK adalah investasi yang sangat berharga untuk masa depan yang lebih baik. Dengan memiliki jiwa kewirausahaan, siswa akan lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja, menciptakan peluang kerja, dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi. Meskipun terdapat berbagai tantangan, dengan dukungan yang tepat dari sekolah, keluarga, dan masyarakat, siswa SMK dapat mengembangkan keterampilan kewirausahaan yang mereka butuhkan.
Melalui strategi-strategi yang telah disebutkan, siswa akan belajar bukan hanya tentang teori kewirausahaan, tetapi juga bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata. Dengan demikian, mereka akan memiliki mental tangguh, kreativitas tinggi, dan keberanian untuk mengambil risiko, sehingga mereka mampu menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian dengan percaya diri. (*)
Daftar Pustaka
-Cahyani, A. N. T., Mawarni, T., Sindy, P., Sarinawati, S., Yusnani, Y., & Triadi, D. (2024). IMPLEMENTASI KONSEP EDUPRENEURSHIP DI SMK NEGERI 2 PALANGKA RAYA. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, 1(4), 109-115.
-Kurtis, V., & Giatman, M. (2024). Manajemen Edupreneurship Dalam Pembentukan Karakter Kewirausahaan Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6753-6764.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


