Ini Dampak Negatif yang Mungkin Terjadi Jika Mengisi Ulang Botol Minum Sekali Pakai

Selasa 06-02-2024,09:59 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Ali Ibrahim

BACA JUGA:Menggali Dampak Kebanyakan Minum Air Putih bagi Tubuh Anda, Menyehatkan atau Bahaya?

Risiko pencemaran ini lebih tinggi jika botol sekali pakai digunakan untuk menyimpan cairan lain seperti minyak goreng. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan antimony dari penggunaan botol plastik air minum sekali pakai secara berulang dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru, jantung, bahkan meningkatkan risiko kanker paru-paru.

3. Perubahan Rasa, Bau, dan Warna Air

Paparan suhu panas langsung pada botol air minum kemasan dapat menyebabkan perubahan zat kimia yang bisa terdeteksi dari perubahan rasa, bau, dan warna air. Zat kimia ini juga dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Tips Memilih Botol Minum yang Aman

 

Selain botol plastik berbahan PET, beberapa jenis bahan plastik lain digunakan untuk membuat botol plastik kemasan yang umumnya ditandai dengan kode angka 1, 2, atau 7.

Jika Anda mencari botol minum yang aman untuk digunakan berulang kali, pilihlah botol dengan kode angka 2. Botol plastik ini terbuat dari HDPE (high-density polyethylene) yang lebih tebal dan berwarna putih seperti susu. Selain sebagai botol minum, HDPE juga digunakan untuk botol sampo, deterjen, jus, dan mainan.

BACA JUGA:Pentingnya Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Menikmati Minuman Hangat yang Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

Meskipun aman untuk digunakan, sebaiknya hindari penggunaan wadah plastik berbahan HDPE secara berkelanjutan dalam jangka panjang. Botol plastik dengan kode angka 7 juga sebaiknya tidak digunakan berulang kali.

Pada dasarnya, botol plastik didesain oleh produsen hanya untuk sekali pakai. Oleh karena itu, solusi terbaik untuk kesehatan dan lingkungan adalah menggunakan botol minum yang terbuat dari stainless steel.

Mengingat risiko yang terkait dengan mengisi ulang botol minum sekali pakai, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga dan selalu perhatikan keterangan plastik pada kemasannya.(amp)

Kategori :