Stok Kepokmas di Cilacap Dipastikan Aman, Masyarakat Diminta Tidak Panic Buying

Jumat 15-12-2023,17:38 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Beberapa bulan terakhir, harga sejumlah komoditas bahan pangan mengalami kenaikan, terutama beras. Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Cilacap memastikan ketersediaan stok bahan pangan mencukupi hingga libur Natal dan tahun baru 2024.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Cilacap, M Wijaya mengatakan, untuk ketersediaan bahan pokok di Cilacap dipastikan aman. Bahkan kebutuhan stok tersebut cukup hingga empat bulan ke depan.

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk tidak panic buying atau belanja berlebihan. Mengingat harga kebutuhan pokok masyarakat masih di bawah harga rata-rata nasional.

"Sampai saat ini stok cadangan beras sebanyak 71.088 ton. Untuk stok Bulog per tanggal 7 Desember 2023 sebesar 4.902 ton. Stok ini untuk menghadapi liburan Natal dan tahun baru, jumlah itu sangat cukup dan aman," katanya.

BACA JUGA:Pasar Baru Kroya Akan Jadi Pasar SNI Pertama di Cilacap

BACA JUGA:16 Pasangan Tidak Sah Terjaring Razia Satpol PP Cilacap, Berduaan di Dalam Kamar Kos dan Hotel

Wijaya mengatakan, dari total jumlah cadangan beras tersebut, rincinya yakni, rumah tangga petani 43.208 ton, rumah tangga konsumen 2.486 ton, penggilingan 15.237 ton, dan pedagang 10.157 ton. 

"Harga akan kita pantau terus untuk menjaga stabilitas inflansi. Namun saat ini untuk rata-rata harga kepokmas di Cilacap masih aman, masih di bawah rata-rata nasional. Masyarakat juga tidak perlu belanja berlebihan," katanya. (ray)

Kategori :