12 Jenis Sambal Khas Indonesia yang Unik dan Populer

Kamis 02-11-2023,04:47 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Laily Media Yuliana

Sambal dadak berasal dari daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sambal ini terbuat dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, dan garam. Sambal dadak memiliki tekstur yang agak kasar dan rasa pedas yang kuat.

8. Sambal Mangga

Sambal mangga adalah salah satu varian sambal yang menggugah selera di Indonesia. Kombinasi unik antara rasa mangga yang segar dan pedasnya cabai menciptakan sensasi rasa yang tak terlupakan. Sambal mangga umumnya disajikan sebagai pelengkap hidangan, terutama hidangan lauk yang gurih, seperti ayam goreng, ikan bakar, atau penyetan.

BACA JUGA:Resep Coto Makassar, Hidangan Khas Sulawesi Selatan

BACA JUGA:Resep Empal Gentong, Kuliner Sup Daging Gurih Dari Cirebon

9. Sambal kacang 

Sambal Kacang adalah saus yang sangat populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa. Saus ini memiliki tekstur lembut dan rasa gurih yang berasal dari kacang tanah yang digiling halus, disajikan dengan sentuhan pedas yang menggigit. Sambal kacang biasanya dihidangkan sebagai pelengkap untuk berbagai hidangan, terutama makanan panggang seperti sate ayam, sate kambing, atau ketan.

10. Sambal Geprek

Sambal geprek adalah saus pedas yang sedang naik daun di Indonesia. Dipopulerkan oleh gerai-gerai ayam geprek, sambal ini terkenal dengan kepedasannya yang menggigit dan teksturnya yang kasar karena diuleg (digeprek) bersama cabai dan bumbu lainnya. Sambal geprek sering disajikan bersama ayam goreng tepung atau ayam bakar, memberikan sentuhan pedas dan menggugah selera. 

11. Sambal Dabu-dabu

Sambal dabu-dabu adalah hidangan khas Sulawesi, Indonesia, yang terkenal dengan rasa pedas, segar, dan sedikit asamnya. Sambal ini merupakan kombinasi unik dari cabai rawit, tomat, bawang merah, jeruk nipis, dan daun kemangi, menciptakan sensasi rasa yang memikat. Sambal dabu-dabu sering disajikan sebagai pelengkap hidangan ikan bakar, ayam panggang, atau hidangan laut lainnya. 

Kategori :