12 Jenis Sambal Khas Indonesia yang Unik dan Populer

Kamis 02-11-2023,04:47 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Laily Media Yuliana

Sambal bajak adalah sambal pedas yang berasal dari Jawa. Bumbu utamanya terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi, dan gula merah. Sambal bajak memiliki rasa yang kompleks karena menggunakan berbagai rempah tradisional Indonesia.

4. Sambal Goreng

Sambal goreng adalah sambal yang dimasak hingga mengental. Bahan-bahan yang digunakan antara lain cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, dan terasi. Sambal ini seringkali disajikan dengan tambahan telur atau tahu dan memiliki rasa yang lezat dan pedas.

BACA JUGA:Aneka Varian Sambal di Omah Sambal

BACA JUGA:Resep Ayam Betutu Bali yang Nikmat, Pedas, dan Gurih

5. Sambal Kecap

Sambal kecap terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, kecap manis, dan gula. Sambal ini memiliki cita rasa manis, pedas, dan sedikit gurih. Biasanya, sambal kecap disajikan sebagai pelengkap untuk hidangan ayam, bebek, atau ikan.

6. Sambal Penyet

Sambal penyet adalah sambal pedas yang sering disajikan dengan hidangan penyet, seperti ayam penyet atau ikan penyet. Sambal ini terbuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, dan gula. Sambal penyet memiliki tingkat kepedasan yang tinggi.

BACA JUGA:Resep Indomie Nyemek Viral, Kreasi Indomie yang Lezat dan Menggugah Selera

BACA JUGA:Resep Mie Aceh Enak dan Sederhana yang Dijamin Bikin Ketagihan

7. Sambal Dadak

Kategori :