Rekomendasi Wisata Pegunungan di Pulau Kalimantan

Rabu 01-11-2023,06:46 WIB
Reporter : Fani Aristianti
Editor : Puput Nursetyo

RADARBANYUMASDISYWAY.ID-Pulau Kalimantan dikenal sebagai pulau yang identik dengan hutannya lebat dan asri. Pulau dengan luas 743.330 km2 ini memiliki kekayaan alam yang memukau mulai dari pantai, hutan hujan tropis yang sangat luas, hingga pegunungan. 

Pulau ini banyak memiliki panorama indah dengan kebudayaannya yang unik. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata pegunungan yang ada di Kalimantan. 

1. Gunung Palung 

Gunung Palung lebih tepatnya di Sedahan Raya, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, tepat berada di Kawasan Taman Nasional dan Gunung Palung ini uniknya memiliki air terjun yang berujung ke pantai pada kaki gunungnya.

Diperkirakan Gunung Palung ini berada sekitar 3.000 meter di atas permukaan laut, dan dianggap sebagai salah satu habitat terbesar orangutan Borneo yang tersisa disana.

2. Gunung Meratus

BACA JUGA:Kopi Lokal Purbalingga Diklaim Kualitasnya Setara Brand Ternama

Gunung Meratus Ini adalah bagian dari Pegunungan Schwaner, yang merupakan sebuah pegunungan utama di wilayah tersebut. Pegunungan kerap dianggap juga sebagai salah satu sumber air tawar penting bagi wilayah sekitar, karena mereka memiliki beberapa sungai dan aliran yang menyediakan air untuk pertanian dan tujuan lain.

Pilihan tepat untuk para pendaki pemula, Ketinggian gunung Meratus ini adalah 1.892 meter di atas permukaan laut. 

Hamparan padang rumput yang hijau bisa menjadi spot foto yang sangat menarik lengkap dengan panorama bukit dan kota di belakangnya.

3. Gunung Halau Halau

Gunung Halau Halau terletak perbatasan tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tanah Bumbu di Provinsi Kalimantan Selatan. 

Kategori :