TikTok Shop vs UMKM Lokal, Peluang dan Tantangan Persaingan Bisnis

Senin 18-09-2023,05:15 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

Di sisi lain, UMKM lokal adalah tulang punggung ekonomi di banyak negara. Mereka mungkin menjalankan toko fisik atau berjualan online, tetapi mereka sering kali dihadapkan pada berbagai tantangan. 

Persaingan dengan perusahaan besar dan toko online besar adalah salah satu masalah utama yang dapat membunuh para pelaku usaha UMKM.

Selain itu, tantangan seperti pengelolaan stok, biaya operasional, dan strategi pemasaran menjadi tantangan yang tak bisa dihindarkan begitu saja. 

Meskipun mereka memiliki pelanggan setia yang mendukung bisnis lokal, bersaing dengan bisnis TikTok Shop yang memiliki visibilitas online yang besar menjadi tugas yang semakin sulit.

BACA JUGA:BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR Bawa UMKM Kopi Tembus Pasar Internasional

BACA JUGA:UMKM Binaan BRILIANpreneur Go Global di New York Now Summer Market 2023

Persaingan Sengit: TikTok Shop versus UMKM Lokal

Persaingan sengit terjadi antara TikTok Shop menawarkan keuntungan berupa jangkauan yang lebih luas melalui media sosial yang populer, sementara UMKM lokal berfokus pada layanan personal dan produk berkualitas tinggi.

Namun, TikTok Shop juga dihadapkan pada tantangan seperti persaingan yang ketat di platform yang sama. Dengan begitu banyak toko yang bersaing untuk perhatian pengguna TikTok, membuat konten yang menonjol menjadi sangat penting. 

Selain itu, mengelola bisnis TikTok Shop yang sukses juga memerlukan pemahaman yang baik tentang tren dan algoritma TikTok.

Peluang untuk Kolaborasi

Meskipun persaingan sengit, ada juga peluang untuk kolaborasi antara TikTok Shop dan UMKM lokal. TikTok Shop dapat menjalin kemitraan dengan produsen lokal atau toko yang menawarkan produk unik yang dapat menarik minat pengguna TikTok. 

BACA JUGA:Pelaku UMKM Purbalingga Didorong Menggunakan Kemasan Ramah Lingkungan

BACA JUGA:Kalbe Dukung UMKM Banyumas dan Sekitarnya Lebih Produktif

Di sisi lain, UMKM lokal dapat memanfaatkan popularitas TikTok untuk mempromosikan bisnis mereka agar binis yang mereka jalankan tetap bertahan di tengah persaingan bisnis online.

Persaingan antara TikTok Shop dan UMKM lokal adalah realitas dalam dunia bisnis saat ini. Setiap jenis bisnis memiliki keunggulan dan tantangan masing-masing. 

Kategori :