Pj Bupati Cilacap Soroti Isu Pungli di Lingkungan Pendidikan

Kamis 14-09-2023,17:35 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pj Bupati Cilacap menyoroti isu pungli (pungutan liar) yang sempat dikeluhkan masyarakat beberapa waktu lalu. Untuk itu, pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah pihak agar tidak terjadi hal tersebut.

Sebelumnya, terdapat warga yang berkomentar di media sosial terkait pungutan liar di salah satu sekolah di Kabupaten Cilacap. 

"Sebenarnya jangan disalah artikan terkait aturan pemberian sumbangan sukarela dari orangtua murid, sebagai pungli dari pihak sekolah," kata Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar.

Pj Bupati Cilacap menegaskan, perlunya dibuat mekanisme terkait bantuan atau sumbangan secara sukarela oleh orang tua murid yang telah disepakati dalam rapat komite, boleh dilakukan atau bukan pungli.

BACA JUGA:Seleksi Pimpinan 8 OPD di Cilacap Ditarget Selesai Oktober, PJ Bupati : Tidak Ada Budaya Titipan Serta Nyogok

BACA JUGA:Kepergok Mencuri, Warga Sidaurip Cilacap, Aniaya dan Rudapaksa Korban hingga Meninggal Dunia

"Tentunya yang tidak mampu nanti akan dilindungi dan sebelumnya pengawasan di bawah Dinas Pendidikan, maka sekarang dibantu oleh Dewan Pendidikan," ujar Pj Bupati.

Yunita mengatakan, Dewan Pendidikan sudah dibentuk dan dikukuhkan. Meski sebelumnya sempat sepi peminat. Sebelumnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap membuka seleksi hingga tiga kali agar kepengurusan ini cepat terisi. 

Menurutnya, tujuan Dewan Pendidikan untuk mengoptimalkan tujuan Pendidikan Nasional. Melalui peningkatan mutu, efisiensi penyelenggaraan pendidikan, pemerataan, dan tercapainya demokratisasi pendidikan.

"Di Kabupaten Cilacap, mulai PAUD, SD dan SMP adalah wewenang Kabupaten. Jadi kita tidak mungkin bisa mencapai sampai ke bawah jika persoalan yang muncul di dalam proses pendidikan," lanjut Yunita. (ray)

Kategori :