Sembilan Sekolah Diproyeksikan Jadi Sekolah Adiwiyata Provinsi

Rabu 15-03-2023,08:49 WIB
Reporter : Aditya Wisnu Wardana
Editor : Indri Agustina

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Selain 15 sekolah berstatus Adiwiyata Nasional dan satu Sekolah Adiwiyata Mandiri. Di Kabupaten Purbalingga juga ada sembilan sekolah yang diproyeksikan mengikuti Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah.

"Ada sembilan sekolah yang mendaftar dan mengikuti pembinaan, untuk Sekolah Adiwiyata Provinsi (Jawa Tengah)," kata Kepala Bidang PSLB3PKLH Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purbalingga M Nurdin Luthofa, Rabu, 15 Maret 2023.

Sejumlah sekolah tersebut, yakni SDN 1 Kembaran Kulon, SMPN 1 Bojongsari, SMPN 1 Kalimanah, SMPN 3 Purbalingga, SMAN 1 Karangreja, SMAN 1 Kutasari, SMAN 1 Purbalingga, SMKN 1 Kutasari, dan SMKN 1 Purbalingga.

BACA JUGA: 15 Sekolah di Purbalingga Berstatus Adiwiyata Nasional, Satu Sekolah Adiwiyata Mandiri

Dia menambahkan, guna mempersiapkan sekolah yang akan mengikuti seleksi Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri (CSAM) dan Calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CSAN) Tahun 2023, DLH Kabupaten Purbalingga adakan kegiatan pembinaan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Rumah Makan Bumbu Desa Wirasana Purbalingga, Selasa (14/3).

Dia mengungkapkan, sekolah yang akan berjuang mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata harud disiplin. Pihaknya juga akan memberikan pendampingan.

Dia mencontohkan, di SMPN 1 Kemangkon kondisinya sudah Sekolah Adiwiyata Nasional, hanya kondisinya juga berat sekali. 

Namun, setelah disengkuyung bareng dalam satu tahun akhirnya dirinya diundang dan berangkat ke Jakarta untuk mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Dengan adanya keberhasilan yang sudah dicapai oleh SMPN 1 Kemangkon diharapkan dapat menjadi rujukan sekolah lain di Kabupaten Purbalingga. (tya)

Kategori :