Dinpendukcapil Raih Posisi Empat Besar IPP Nasional dan Tertinggi se Jawa Tengah

Jumat 10-01-2025,14:27 WIB
Reporter : Aditya Wisnu Wardana
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinpendukcapil) Kabupaten Purbalingga berhasil menempati peringkat keempat Indeks Pelayanan Publik (IPP) nasional dan pertama di Provinsi Jawa Tengah.

Hal itu diketahui berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor 659 Tahun 2024. Yakni, terkait IPP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinpendukcapil).

"Dinpendukcapil Kabupaten Purbalingga berhasil meraih prestasi gemilang dengan menempati urutan keempat secara nasional dan pertama di Provinsi Jawa Tengah," kata Kepala Dinpendukcapil Kabupaten Purbalingga Muhammad Fathurrohman, Jumat, 10 Januari 2025.

IPP Dinpendukcapil Kabupaten Purbalingga hanya kalah dari Kota Palembang, Kota Jogjakarta dan Kabupaten Sampang. Dinpendukcapil Kabupaten Purbalingga berhasil meraih IPP sebesar 4,78.

BACA JUGA:Terima Kunjungan Komisi I DPRD, Dinpendukcapil Kabupaten Purbalingga Sampaikan Sejumlah Kendala

BACA JUGA:Dinpendukcapil Purbalingga Layani 30 Ribu Permohonan Per Bulan Selama Tahun 2024

Diketahui, IPP Dinpendukcapil Kabupaten Purbalingga lebih baik dari IPP Kabupaten Purbalingga yang hanya meraih 4,44.

Atau hanya menempati peringkat 57, berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan publik pada lingkungan pemerintah daerah.

"Sedangkan di Provinsi Jawa Tengah, IPP Dinpendukcapil Kabupaten Purbalingga berada di posisi pertama," ujarnya.

Posisi Dinpendukcapil Kabupaten Purbalingga lebih baik dari Kabupaten Purworejo dan Kota Semarang, yang berada di posisi kedua dan ketiga.

BACA JUGA:Hari H Coblosan Pilkada, Dinpendukcapil Buka Pelayanan Dokumen Kependudukan

BACA JUGA:Jelang Pemilu, Dinpendukcapil Purbalingga Sasar 9.962 Orang Usia 17 Tahun

'Penghargaan ini, merupakan bukti pengakuan atas kerja keras dan dedikasi tim kami dalam mengelola pelayanan kependudukan dan catatan sipil," lanjutnya.

Dia menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan profesionalisme dalam menyediakan layanan kepada masyarakat.

"Dengan pencapaian ini, Dinpendukcapil Kabupaten Purbalingga bertekad untuk terus berinovasi dan meningkatkan kinerja. Demi pelayanan publik yang lebih baik," imbuhnya.

Kategori :