Cara Merawat Shockbreaker Motor Matic yang Harus Dipahami

Minggu 29-09-2024,13:51 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.CO.ID - Setelah menggunakan sepeda motor matic dalam waktu lama, biasanya Anda merasakan adanya masalah. Hal ini menandakan bahwa sepeda motor matic membutuhkan perawatan segera.

Satu hal yang sering mengganggu pengendara sepeda motor matic adalah saat melewati jalan berlubang atau gundukan, sepeda motor matic terasa kaku, seperti tidak ada bantalan.

Bila terjadi keluhan seperti ini, yang sering menjadi tersangka adalah komponen shockbreaker. Sebab, shockbreaker merupakan salah satu komponen motor matic yang fungsinya menunjang kenyamanan dan kestabilan berkendara.

Shockbreaker berfungsi sebagai peredam guncangan dan getaran serta menopang berat sepeda motor matic dan penumpangnya tergantung pada kondisi jalan.

BACA JUGA:Begini Perhitungan Kredit Motor Matic Suzuki Nex II 2024: DP Murah, Cicilan Ringan

BACA JUGA:Ciri-Ciri Oli Gardan Motor Matic Sudah Habis

 

Seiring bertambahnya usia peredam kejut sepeda motor matic, beberapa masalah dapat terjadi.

Antara lain shockbreaker terlalu keras atau terlalu lunak, oli shockbreaker bocor, atau rusak atau bengkok dan tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat shockbreaker motor matic Anda dengan baik. 

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat shockbreaker sepeda motor matic agar dapat bertahan lama, tetap dalam kondisi prima, dan berfungsi maksimal.

1. Hindari membawa beban berat

Setiap sepeda motor matic yang beredar di pasaran memiliki daya angkut yang disesuaikan dengan kebutuhan pengendara, termasuk kemampuan sepeda motor matic dalam membawa beban.

BACA JUGA:Fitur ISS Bisa Bikin Motor Matic Jadi Irit Bensin , Mitos atau Fakta ?

BACA JUGA:Cara Ganti Oli Mandiri dan Rekomendasi Oli Motor Matic Honda Vario 160

 

Kategori :