Cara Upgrade CVT Motor Matic Yamaha Fazzio agar Performa Maksimal

Senin 09-09-2024,14:11 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Bagaimana cara mengupgrade CVT? 

Ada beberapa cara untuk mengupgrade CVT pada sepeda motor matic Yamaha Fazzio Anda, yaitu:

1. Ubah sudut kemiringan puli depan

Puli depan merupakan komponen CVT motor matic yang otomatis mengubah rasio gigi kendaraan. Katrol depan terdiri dari dua bagian yang dapat didekatkan atau dijauhkan untuk mengubah diameter V-belt.

BACA JUGA:Jadi Salah Satu Motor Matic Murah Terfavorit , Inilah Kelebihan Motor Matic All New Honda Scoopy 2024

BACA JUGA:Hal yang Harus Diperiksa Dengan Cermat Saat Membeli Motor Matic Vespa Second

Derajat kemiringan puli depan menentukan cepat atau lambatnya perubahan rasio roda gigi. Tingkat kemiringan puli depan standar sepeda motor matic Yamaha Fazzio adalah 14 derajat.

Sudut katrol depan dapat diubah menjadi sudut curam atau landai tergantung tujuannya. Jika ingin menambah akselerasi, Anda bisa tiba-tiba mengubah kemiringan puli depan menjadi 15 derajat, 16 derajat, dan seterusnya.

Hal ini membuat perubahan rasio gigi yang lebih cepat dan respons akselerasi yang lebih cepat. Namun juga dapat mengurangi kecepatan tertinggi dan konsumsi bahan bakar.

Jika ingin menambah kecepatan tertinggi, Anda dapat mengubah kemiringan puli depan secara bertahap, misalnya 13 derajat atau 12 derajat.

BACA JUGA:5 Motor Matic Murah yang Safety Banget

BACA JUGA:Harga Motor Matic Keluarga NMAX 2024 Terbaru

Hal ini mengakibatkan perubahan rasio gigi lebih lambat dan kecepatan tertinggi lebih tinggi. Namun, hal ini juga mengurangi akselerasi dan konsumsi bahan bakar.

2. Penggantian V-belt

V-belt merupakan komponen CVT yang menyalurkan tenaga dari pulley depan ke pulley belakang. V-belt standar Yamaha Fazzio memiliki panjang 750mm dan lebar 18mm.

Tergantung tujuannya, V-belt dapat diperpendek atau diganti dengan yang lebih lebar.

Kategori :