Cara Upgrade CVT Motor Matic Yamaha Fazzio agar Performa Maksimal

Senin 09-09-2024,14:11 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

BACA JUGA:Mau Tes SKD CPNS 2024? Daftar Motor Matic yang Lincah Anti Telat

BACA JUGA:Rekomendasi Motor Matic yang Tangguh untuk Menyambut Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK

Jika ingin meningkatkan akselerasi dapat mengganti V-belt sepeda motor matic dengan yang lebih pendek seperti 740 atau 730 mm. Hal ini menghasilkan rasio gigi awal yang lebih rendah dan akselerasi yang lebih cepat.

Namun, hal tersebut dapat mengurangi kecepatan tertinggi dan konsumsi bahan bakar. Jika ingin menambah top speed, Anda bisa mengganti V-belt motor matic dengan yang lebih tebal seperti 19mm atau 20mm.

3. Ganti Katrol

Pulley merupakan salah satu komponen CVT sepeda motor matic yang fungsinya mengkoordinasikan pergerakan pulley depan. Rolnya berbentuk bulat dan mempunyai bobot tertentu.

BACA JUGA:Motor Matic Murah dengan Perawatan Terjangkau jadi Solusi Berkendara Praktis dan Ekonomis

BACA JUGA:Tips Charger HP di Motor Matic Agar Aki Tidak Tekor, Jangan Sembarang Isi Daya!

Roller standar sepeda motor matic Yamaha Fazzio memiliki berat 10 gram. Anda dapat menggantinya dengan roller yang lebih ringan atau lebih berat tergantung tujuan Anda. 

Jika ingin meningkatkan percepatan, katrol sepeda motor matic dapat diganti dengan katrol yang lebih ringan, misalnya 9 gram atau 8 gram. Hal ini memungkinkan katrol depan bergerak lebih cepat dan mengubah rasio gigi lebih cepat.

Jika ingin menambah kecepatan tertinggi, Anda dapat mengganti puli dengan puli yang lebih berat, seperti 11 atau 12 gram. Hal ini menyebabkan pulley sepeda motor matic depan bergerak lebih lambat dan rasio gigi berubah lebih lambat. 

Namun, hal ini juga mengurangi akselerasi dan konsumsi bahan bakar. Upgrade CVT merupakan salah satu cara untuk meningkatkan performa dan efisiensi Yamaha Fazzio Anda. 

Ada beberapa cara untuk mengupgrade CV motor maticT, seperti mengubah kemiringan puli depan, mengganti V-belt, dan mengganti puli. Setiap metode upgrade CVT memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. 

Itulah mengenai beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengupgrade CVT motor matic Yamaha Fazzio. (fah)

Kategori :