Hanya Menurunkan Penumpang di Terminal Atas Baturraden, Bus Wisatawan tetap Parkir di Terminal Bawah

Jumat 06-09-2024,16:04 WIB
Reporter : Dimas Prabowo
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kawasan wisata Baturraden kembali menggeliat pasca kebijakan yang mengizinkan bus wisata naik hingga terminal atas. Pj Bupati Banyumas, Hanung, melakukan kunjungan ke area tersebut untuk memantau dampak dari kebijakan tersebut, Pada Jumat (06/09/2024).

Sebelumnya, akses bus wisata dibatasi hanya sampai terminal bawah, namun kini setelah melalui evaluasi, kebijakan ini diubah demi menjawab permintaan masyarakat.

“Kita cek, setelah kemarin kita tutup di bawah, alhamdulillah setelah hasil kajian, kita buka kembali. Bus sudah bisa naik sampai atas,” kata Hanung.

Sejak kebijakan ini diberlakukan, dampaknya langsung terasa. Berbagai biro perjalanan wisata mulai membawa rombongan ke Baturraden, menciptakan kebahagiaan bagi para pelaku usaha di sekitar kawasan wisata yang sempat mengeluhkan penurunan pendapatan.

BACA JUGA:Ketua RT Punya Tanggungjawab Bantu Warga Kurang Mampu Ikut Jamkes Gratis

“Dampaknya sudah langsung kelihatan. Beberapa biro langsung ke sini, dan para pedagang yang kemarin sambat, alhamdulillah sekarang sudah tersenyum kembali,” tambah Hanung.

Untuk ke depannya, Hanung berencana untuk menghidupkan lebih banyak acara dan kegiatan di Baturraden agar bisa semakin menarik kunjungan wisatawan serta menggerakkan ekonomi lokal. 

“Saya ingin ke depan Baturraden lebih ramai lagi. Keluhan pedagang sudah kita tangani, kini saatnya meramaikan dengan event-event,” ujarnya.

Kepala UPT Lokawisata Baturraden, Suyanto, yang turut mendampingi Hanung, juga menyampaikan bahwa semenjak akses bus wisata diperbolehkan hingga terminal atas, kunjungan dari wisatawan mulai berdatangan. 

BACA JUGA:Air Bersih Siap Minum, Kereta Otonom, dan Smart Home Hadir di IKN

“Beberapa kunjungan sudah ada, termasuk rombongan dari Jakarta,” kata Suyanto.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Banyumas, Wardoyo, menjelaskan bahwa kebijakan ini diberlakukan sejak Senin (26/08/2024) dengan sistem drop-off. Bus wisata diizinkan naik ke area lokawisata, mendekati gerbang utama, untuk menurunkan penumpang di terminal atas, lalu kembali parkir di terminal bawah. 

BACA JUGA:Nobar Timnas Indonesia di Alun-alun Purwokerto Jadi Ladang Cuan dan Sampah

“Bus naik memutar melewati Masjid Indraprana, menurunkan penumpang, lalu turun melewati depan Hotel Rosenda untuk parkir di terminal bawah,” jelasnya. (dms)

Kategori :