Healing Pressuretension untuk Mencegah Hipertensi pada Ibu Hamil dan Ibu Menopouse

Senin 02-09-2024,11:22 WIB
Reporter : Mahasiswa Poltekkes Kemenkes S
Editor : Laily Media Yuliana

Studi oleh Lee et al. (2023) menemukan bahwa wanita yang menerima pijat refleksi secara teratur melaporkan peningkatan signifikan dalam kualitas tidur mereka dan penurunan stres .
Healing Pressure dan Kehamilan.

Kehamilan adalah masa penuh perubahan dan tantangan bagi tubuh wanita. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, ibu hamil sering mengalami nyeri punggung, pembengkakan, kelelahan, dan stres.

Penggunaan healing pressure selama kehamilan telah menjadi pilihan populer untuk meredakan beberapa ketidaknyamanan ini secara alami.

Akupresur selama kehamilan diketahui membantu mengurangi nyeri punggung bawah, yang umum terjadi pada trimester kedua dan ketiga. Menurut penelitian oleh Wang et al. (2021), akupresur pada titik BL32, yang terletak di dekat panggul, dapat mengurangi nyeri punggung bawah pada wanita hamil secara signifikan.

Ini memberikan solusi non-invasif dan bebas obat untuk mengatasi rasa sakit yang sering kali membatasi aktivitas sehari-hari.

Manfaat healing pressure tidak hanya terbatas pada pengurangan nyeri fisik. Pijat refleksi selama kehamilan juga dapat membantu dalam mengurangi pembengkakan pada kaki dan meningkatkan sirkulasi darah.

Studi oleh Choi et al. (2023) menemukan bahwa ibu hamil yang menerima pijat refleksi dua kali seminggu mengalami penurunan pembengkakan dan perasaan lelah, serta merasa lebih rileks .

Healing pressure menawarkan pendekatan yang holistik untuk menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran sebagai upaya untuk mencapai kesejahteraan secara keseluruhan. Meski begitu, penting untuk memahami bahwa healing pressure bukanlah pengganti dari perawatan medis yang mungkin diperlukan untuk kondisi kesehatan tertentu.

Meskipun healing pressure memiliki banyak manfaat, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum memulai praktik ini, terutama selama kehamilan, untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya.

Ibu hamil dianjurkan tetap  memeriksa kehamilannya secara rutin ke faskes terdekat dan ibu lansia tetap periksa kesehatan secara rutin ke posbindu maupun faskes terdekat.

Sumber:

1.    Shen, X., Li, W., & Zhu, Y. (2022). "Acupressure and Menopausal Symptoms: A Clinical Study." Journal of Women's Health, 18(3), 215-226.
2.    Lee, H., Kim, J., & Park, S. (2023). "The Effectiveness of Reflexology in Improving Sleep Quality Among Menopausal Women." International Journal of Integrative Medicine, 21(2), 102-112.
3.    Wang, Y., Cheng, L., & Huang, Z. (2021). "Acupressure for Low Back Pain in Pregnancy: A Randomized Controlled Trial." Journal of Maternal-Fetal & Neonatal Medicine, 34(5), 765-772.
4.    Choi, Y., Lee, J., & Kwon, M. (2023). "Reflexology and Pregnancy: Impact on Edema and Fatigue." Journal of Obstetric, Gynecologic & Neonatal Nursing, 52(1), 43-52.
5.    Zhang, Q., Liu, X., & Wu, D. (2022). "The Role of Acupressure in Labor: A Review of Clinical Evidence." Journal of Midwifery & Women's Health, 67(4), 245-255.

Kategori :