Tim Dosen IT Telkom Beri Pendampingan Digital Marketing , Bagi Pelaku UMKM di Desa Cingebul

Kamis 15-08-2024,15:48 WIB
Reporter : Yudha Iman Primadi
Editor : Ali Ibrahim

BANYUMAS, RADARBANYUMAs.DISWAY.ID - Tim Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto melalui program pengabdian kepada masyarakat tahun ini sukses memberikan pendampingan dalam penggunaan digital marketing melalui media sosial.

Berlangsung sejak 24 April hingga 29 Mei, Tim Hibah Internal Pengabdian Masyarakat dari IT Telkom Purwokerto memberi pendampingan untuk para pelaku UMKM di Desa Cingebul Kecamatan Lumbir.

Kepala Desa Cingebul, Sugeng Riyadi, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim pengabdian masyarakat dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Pemerintah Desa Cingebul sangat berterima kasih atas dukungan dan pendampingan yang diberikan oleh Tim Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

"Kegiatan inin adalah langkah penting bagi pelaku UMKM di Desa Cingebul untuk dapat berkembang di era digital seperti saat ini," katanya.

Kasi Pelayanan Desa Cingebul, Mustofa berharap agar program pelatihan digital marketing semacam ini dapat terus berlanjut di masa mendatang. Menurutnya, program kali ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing masyarakatnya dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan UMKM di desa.

Salah satu peserta dari RT 3 RW 8, Suyati meghaturkan rasa terima kasih atas terselenggaranya pendampingan dalam penggunaan digital marketing melalui media sosial pada para pelaku UMKM di Desa Cingebul. Program pengabdian kepada masyarakat dari IT Telkom Purwokerto dinilainya sangat bermanfaat.

"Kami mendapatkan banyak ilmu baru yang sebelumnya belum diketahui. Harapan saya, kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan agar UMKM di Desa Cingebul semakin maju," katanya.

Ketua Pelaksana Program, Muhamad Awiet Wiedanto Prasetyo menekankan pentingnya literasi digital bagi UMKM. Dirinya berharap melalui program pendampingan kali ini para pelaku UMKM di Desa Cingebul dapat lebih memahami dan memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan produk mereka secara lebih luas.

"Tim pengabdian masyarakat juga melibatkan dua mahasiswa memberikan pelatihan intensif tentang pembuatan konten kreatif dan strategi pemasaran melalui media sosial," katanya.

Awiet menjelaskan selain dirinya Dosen IT Telkom lainnya yang tergabung dalam tim pengabdian kepada masyarakat di Desa Cingebul yakni Sisilia Thya Safitri, Khairun Nisa Meiah Ngafidin, M. Yoka Fatoni, Toni Anwar, dan Sandhy Fernandez. Sementara dua mahasiswa yang terlibat ialah Najwa Darmawan dan Geordy Sipho Samuel Damanik.

"Selain pemberian materi diadakan pula lomba konten terbaik yang melibatkan seluruh peserta," terang dia 

Adapun peserta yang berhasil menyelesaikan studi kasus yang diberikan oleh timnya mendapat hadiah sebagai bentuk apresiasi. Prinsip tim pengabdian masyarakat dari IT Telkom Purwokerto berkomitmen untuk terus mendampingi para pelaku UMKM tidak hanya di Desa Cingebul melainkan juga di Kabupaten Banyumas.

"Mudah-mudahan program kali ini untuk jangka panjang memberikan dampak positif dan membantu pelaku UMKM di Desa Cingebul untuk berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas," pungkas Awiet. (yda/ads)

Kategori :