Puncak Musim Kemarau, Suhu Udara di Kabupaten Cilacap Terasa Lebih Dingin

Senin 12-08-2024,17:23 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Musim kemarau masih berlangsung pada bulan Agustus 2024 ini. Sepanjang masa itu akan sulit merasakan air hujan. Ancaman kekeringan juga bisa semakin bertambah parah.

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan, memasuki dasarian ke dua bulan Agustus 2024, Kabupaten Cilacap masih masuk musim kemarau. 

"Indeks ENSO (El Nino Southern Oscillation) +0.115 masih dalam katagori netral pada bulan Agustus 2024," katanya. 

Dikatakan Rendi beberapa wilayah perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti kekeringan pada masa ini. 

BACA JUGA:Rapat Pleno KPU Cilacap, DPS serta TPS Lokasi Khusus Ditetapkan

BACA JUGA:PGOT Masih Marak di Kabupaten Cilacap, Satpol PP Intensifkan Razia

Selain itu, pada bulan Desember 2024 nanti diprediksi kondisi Netral beralih menuju ke La Nina,  Indeks IOD (Indian Ocean Dipole) sebesar -0.46 katagori netral diprediksi IOD netral akan bertahan hingga Januari 2025.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kondisi tubuh. Hal ini dikarenakan suhu udara pada puncak musim kemarau, dapat mengakibatkan daya imun menurun.

"Suhu udara minimum diprediksi terus menurun, sehingga udara terasa dingin, dan diprediksi akan mencapai puncak minimumnya pada bulan Agustus ini. Jadi perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan karena penurunan suhu dapat menurunkan imun," ujarnya. (ray)

Kategori :