Pemkab Purbalingga Raih UHC Award 2024 Tingkat Madya

Kamis 08-08-2024,12:46 WIB
Reporter : Aditya Wisnu Wardana
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga telah meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 untuk kategori tingkat madya. Acara penghargaan berlangsung di The Krakatau Grand Ballroom, TMII Jakarta pada Kamis, 8 Agustus 2024. 

Wakil Bupati Purbalingga, Sudono, yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga, dr. Jusi Febrianto, menerima penghargaan ini langsung dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. 

"Pemkab Purbalingga mendapatkan penghargaan UHC tingkat Madya dari Pemerintah Pusat," ujar dr. Jusi Febrianto kepada Radarmas pada hari yang sama.

Penghargaan ini merupakan sebuah pencapaian yang menunjukkan peningkatan prestasi Pemkab Purbalingga dibandingkan tahun lalu, di mana tahun 2023 juga memperoleh penghargaan UHC Award.

BACA JUGA:Ubah PNPM Jadi BUMDES Bersama, Bupati Tiwi Raih Penghargaan Nasional

BACA JUGA:Pulihkan Keuagan Negara Rp 1,5 Miliar Lebih, Kejari Diberi Penghargaan PT BPR BKK Purbalingga

UHC (Universal Health Coverage) adalah indikator nyata dari komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk masyarakat Indonesia.

Sistem UHC memastikan setiap warga negara memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan yang promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, dengan biaya yang terjangkau.

Pencapaian ini selaras dengan misi Presiden RI dalam meningkatkan kualitas manusia melalui penguatan perlindungan sosial, sebagaimana tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022, yang bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan program JKN serta menjamin kualitas dan keberlangsungan pelayanan kesehatan. (tya)

Kategori :