Terdampak Kemarau, Warga Dusun Sindangraja Kabupaten Cilacap Bergantung Pada Sumber Mata Air Sumur Manten

Rabu 31-07-2024,14:27 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Warga Dusun Sindangraja, Desa Karanggintung, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, saat musim kemarau bergantung pada sumber mata air yang oleh warga sekitar mereka sebut Sumur Manten.

Ditengah musim kemarau seperti sekarang ini, masyarakat Dusun Sindanraja tidak pernah merasakan kekurangan air dikarenakan sumber mata air tersebut tidak pernah kering.

"Saya setiap hari menggantungkan kebutuhan air dari mata air sumur manten ini, biasanya saya mengambil hingga 5 jeriken 5 literan," kata Yati warga sekitar, Rabu (31/7/2024).

Menurutnya, sumber mata air tersebut dapat memenuhi kebutuhan warga dari 7 RT, sehingga warga harus rela mengantri untuk mendapatkan air bersih.

BACA JUGA:Rawan Abrasi dan Tsunami, Pemkab Cilacap Gencar Tanam Mangrove

BACA JUGA:Awasi Pelaku Usaha di Cilacap, SKPP - IRT Online Diluncurkan

"Masyarakat menggunakan air dari sumur manten untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak, minum dan lain-lain. Sumur mereka sudah pada kering karena musim kemarau," jelasnya.

Yati menjelaskan, aktivitas pengambilan air di sumur manten sudang berlangsung sejak dulu, apabila terjadi musim kemarau panjang masyarakat dusun Sindangraja tidak pernah kekurangan air bersih.

"Meskipun airnya kecil akan tetapi mampu memenuhi kebutuhan air bersih di 7 RT," tandasnya.

Sementara itu Sekretaris Desa Karanggintung, Aris Yulianto menambahkan, kurang lebih sudah sejak awal bulan Juli masyarakat mengalami kesulitan air bersih.

"Ada sekitar 400 warga ditambah warga dari desa sebelah juga banyak yang mengambil air di sumur manten ini, jadi masyarakat dari 7 RT sangat terbantu," katanya.

Selain itu, Desa Karanggintung termasuk desa yang terdampak kekeringan. Bahkan pihaknya sudah beberapa kali menerima bantuan air bersih dari BPBD Cilacap.

"Untuk lokasi lain di desa Karanggintung kita sudah usulkan permintaan kebutuhan air bersih, secara total kita sudah mendapatkan kiriman 4 tangki air bersih dari BPBD," pungkasnya. (jul)

Kategori :