7 Fungsi Dari Throttle Body Pada Motor Matic yang Perlu Anda Tau!

Kamis 25-07-2024,11:32 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Susi Dwi Apriani

Throttle body yang berfungsi dengan baik akan memberikan respons mesin yang cepat dan halus saat pengendara memutar tuas gas. 

Respons yang baik ini sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara, terutama dalam situasi di mana akselerasi cepat diperlukan, seperti saat menyalip kendaraan lain.

BACA JUGA:5 Alasan Motor Matic yang Jarang Dipakai Harus Tetap Ganti Oli

BACA JUGA:3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Kredit Motor Matic

6. Mengurangi Emisi Gas Buang

Dengan menjaga rasio campuran udara-bahan bakar yang optimal, throttle body membantu mengurangi emisi gas buang.

Pembakaran yang efisien menghasilkan emisi yang lebih rendah, membantu motor matic memenuhi standar emisi yang ketat dan menjaga lingkungan tetap bersih.

7. Mengontrol Kecepatan Idle

Throttle body juga berperan dalam mengontrol kecepatan idle mesin. Pada saat mesin dalam keadaan idle (tanpa gas), katup throttle tetap sedikit terbuka untuk memungkinkan udara masuk ke dalam mesin dalam jumlah yang cukup untuk menjaga mesin tetap hidup.

Beberapa throttle body modern dilengkapi dengan motor stepper atau aktuator yang mengontrol pembukaan katup throttle secara presisi, memastikan kecepatan idle yang stabil.

BACA JUGA:Harga dan Spesifikasi Motor Matic Yamaha XMAX Terbaru 2024

BACA JUGA:Motor Murah Tipe Motor Matic dengan Desain yang Menarik dan Elegan

Throttle body memainkan peran penting dalam mengatur aliran udara yang masuk ke dalam mesin, mengontrol kecepatan mesin, menjaga rasio campuran udara-bahan bakar, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan respons mesin. 

Dengan memahami fungsi dan pentingnya throttle body, pengendara dapat lebih memahami pentingnya perawatan rutin untuk menjaga performa motor matic tetap optimal. (dda)

Kategori :