Jangan Pakai Oli Motor Manual untuk Motor Matic

Jumat 19-07-2024,18:33 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Sifat oli yang licin dapat menjadi bumerang bagi komponen kopling pada sepeda motor manual. Pastikan oli yang berfungsi sebagai pelumas tidak justru menyebabkan kopling selip.

BACA JUGA:Nyari Motor Untuk Ojek Online ? Inilah 5 Motor Matic Strong yang Cocok untuk Menempuh Jarak Jauh

BACA JUGA:Minat Daftar Ojek Online ? Ini 6 Rekomendasi Motor Matic Murah yang Cocok untuk Ojek Online

Oleh karena itu, oli mesin sepeda motor manual harus mengandung bahan tambahan tambahan berupa kopling anti selip.

Sedangkan oli sepeda motor matic tidak mengandung bahan tambahan tersebut karena koplingnya tidak basah yakni tidak terendam oli.

Pengisian oli sepeda motor yang salah dengan transmisi manual dapat menyebabkan kopling selip dan mengakibatkan transmisi tenaga ke roda tidak optimal. 

Pengisian oli yang tidak tepat dapat menurunkan performa mesin. Jadi bagaimana kita membedakannya oli mesin sepeda motor matic dan sepeda motor manual?

BACA JUGA:Mengulas Keunggulan dan Kekurangan Motor Matic Honda X-ADV 750cc yang Dikenal Sebagai Big Scooter

BACA JUGA:5 Keunggulan Motor Matic dengan Teknologi Hybrid yang Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

 

Caranya sangat sederhana, oli mesin untuk sepeda motor manual standar JASO MA atau JASO MA2. Sedangkan oli mesin sepeda motor matic menggunakan standar JASO MB.

Deltalube Daily 757 Premium SAE 10W-40 Motorcycle dan Deltalube Adventure 731 Super SAE 20W-50 Motorcycle adalah contoh oli mesin sepeda motor manual yang dapat Anda pilih.

Deltalube Daily 757 Premium SAE 10W-40 Motorcycle dan Deltalube Adventure 731 Super SAE 20W-50 Motorcycle menggunakan oli berbahan dasar parafin premium dan dilengkapi dengan paket aditif lengkap termasuk aditif anti slip kopling. 

Jadi, jangan salah pilih dan gunakan oli mesin terbaik untuk menjaga performa perpindahan gigi sepeda motor Anda. (fah)

Kategori :